Wujud, Sifat, Kegunaan, Dan Perubahan Wujud Benda

Wujud Benda. Dimanapun kita berada, kita dapat melihat berbagai macam bentuk benda. Benda-benda disekitar kita seperti pakaian, alat mandi, perlengkapan tidur, peralatan sekolah, peralatan makan, dan sebagainya.

wujud benda dan sifatnya

pixabay.com

Benda-benda tersebut memiliki banyak kegunaan. Benda-benda yang ada disekitar kita bermacam-macam bentuknya, bahan pembuatnya, ukurannya, warnanya, serta kekerasannya.

Wujud benda dibagi menjadi tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Sifat-sifat yang dimiliki setiap benda dapat membedakan jenis benda yang satu dengan benda yang lainnya. Semua benda memiliki volume atau isi. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan berikut!

A. Wujud Dan Sifat Benda

Wujud benda ada 3, yaitu benda padat, benda cair dan benda gas. Ketiga wujud benda tersebut mempunyai sifat yang berbeda-beda karena memang berasal dari benda yang berbeda-beda pula.

1. Benda Padat Dan Sifatnya

Jika kita perhatikan, ada banyak sekali benda padat disekitar kita. Contoh benda padat seperti meja, kursi, kertas, buku, sepatu, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Benda padat mempunyai sifat diantaranya:

wujud benda padat dan sifatnya

pixabay.com

Bentuknya Tetap

Meski dipindahkan kemanapun, benda padat bentuknya akan tetap. Jika kita mengambil sebuah pulpen dan buku dari lemari kemudian kita pindahkan ke meja, buku dan pulpen tersebut tidak akan berubah bentuknya.

Coba kita masukkan buku ke dalam tas atau diletakkan diats meja, buku dan pulpen tidak akan berubah bentuk. Jika benda padat dipindahkan dari satu tempat ketempat yang lain, maka bentuknya akan tetap seperti semula.

wujud benda padat dipotong

pixabay.com

Benda padat dapat berubah bentuknya dengan cara tertentu, seperti ditekan, dipahat, dipotong, diraut, digergaji, dibor, dan sebagainya. Misalnya pada meja yang awalnya adalah kayu kemudian di potong dan di pahat menjadi meja.

Contoh benda padat yang dapat berubah bentuknya seperti pada pakaian. Bentuk semula adalah sehelai kain, kemudian dipotong dan dijahit sesuai model yang diinginkan sehingga berubah bentuk menjadi sebuah baju.

Benda-benda lain yang dapat berubah bentuknya dengan cara tertentu seperti papan yang dibentuk menjadi kursi dan meja, atau kertas yang dilipat menjadi mainan dan kerajinan tangan.

Dapat Menempati Ruang

Benda padat memiliki sifat dapat menempati ruangan. Pernahkah kamu memasukkan batu atau paku kedalam botol? Buku didalam tas juga termasuk sifat benda padat dapat menempati ruang. Perabotan rumah yang ada dikamarmu juga menunjukkan bahwa benda padat menempati ruang.

wujud benda padat sifatnya menempati ruang

pixabya.com

Memiliki Volume Yang Tetap

Partikel-partikel benda padat tersusun teratur dan saling berdekatan. Volume benda padat memiliki partikel yang hanya bergerak dan berputar pada kedudukannya saja.

2. Benda Cair Dan Sifatnya

Adapun yang termasuk benda cair yaitu air, minyak, oli, madu, dan lain-lain. Benda cair memiliki sifat-sifat:

wujud benda cair dan sifatnya

mauhub.wordpress.com

Bentuknya selalu berubah mengikuti bentuk wadahnya

Jika kita menuangkan air kedalam gelas, maka bentuk air akan seperti gelas. Minyak kelapa yang dipindahkan kedalam botol bentuknya akan seperti botol. Jika minyak kelapa tersebut dipindahkan lagi kedalam mangkuk, bentuknya berubah seperti mangkuk.

wujud benda cair mengikuti wadahnya

pixabay.com

Volume tetap

Meskipun benda cair bentuknya berubah, tetapi volumenya tetap sama. Air yang dituangkan ke botol kemudian dituangkan kedalam gelas, bentuknya akan berubah tetapi volumenya akan tetap sama.

wujud benda cair volumenya tetap

pixabay.com

Menempati ruang dan memiliki massa

Coba kalian tuangkan oli kedalam botol sampai penuh dan olinya tumpahkan keluar gelas. Oli yang tumpah membuktikan bahwa seluruh ruangan botol sudah terisi oleh oli. Oli memiliki massa, hal ini dibuktikan jika kita mengangkat botol kosong terasa akan ringan dibandingkan jika kita mengakat botol yang berisi oli.

wujud benda cair dan sifatnya memiliki massa

commons.wikimedia.org

Permukaan benda cair tenang dan datar

Dalam keadaan tenang, permukaan air selalu tenang dan datar. Akan tetapi, jika mendapat usikan permukaan air tidak lagi datar. Sifat ini dapat dimanfaatkan oleh tukang bangunan untuk mengetahui kedataran lantai pada saat pemasangan ubin.

wujud benda cair yang sifat permukaannya tenang

pixabay.com

Benda cair mengalir dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah

Apakah kamu pernah melihat air terjun?. Air terjun mengalir ke bawah. Pada saat hujan, air jatuh kegenteng kemudian jatuh ketanah melalui talang.

wujud benda cair mengalir dari tempat tinggi

pixabay.com

Air sungai mengalir dari hulu sampai ke hilir. Hulu sungai berada dipegunungan sementara hilir berada dimuara dan berakhir dilaut. Contoh-contoh diatas membuktikan bahwa benda cair mengalir dari tempat tinggi ketempat yang lebih rendah.

Pada saat sekarang, air juga dapat mengalir dari tempat rendah ketempat yang tinggi. Contohnya air dalam tanah ditampung didalam bak penampungan yang disimpan diatas rumah dengan bantuan pompa air, lalu air mengalir sesuai dengan sifat alamiahnya.

wujud benda cair di penampungan

optimisteknik.wordpress.com

Benda cair dapat melarutkan zat tertentu

Jika secangkir kopi pahit kita beri sendok gula pasir, kemudian diaduk maka kita akan memperoleh secangkir kopi manis. Gula pasir larut dalam air sehingga air kopi menjadi manis.

wujud benda cair melarutkan gula

www.kopimat.com

Air disebut zat pelarut karna dapat melarutkan zat atau bahan tertentu. Air dan zat yang terlarut didalanya disebut larutan. Contohnya larutan gula, artinya air yang didalamnya terdapat gula.

C. Benda Gas Dan Sifatnya

Pernahkah kamu meniup balon? Balon yang diisi dengan gas akan terlepas ke udara jika dilepaskan. Balon tersebut terus bergerak ke udara sampai gas yang ada di balon habis. Dipermukaan bumi ini selalu dikelilingi benda gas yang disebut udara.

wujud benda gas dan contohnya

pixabay.om

Mekipun benda gas tidak dapat bisa kita lihat, tetapi tentu kita bisa merasakannya. Contohnya kita bisa merasakan udara ketika menggunakan kipas. Angin adalah udara yang bergerak. Contoh benda gas yang lain adalah asap, oksigen dan nitrogen.

wujud benda gas contohnya asap

pixabay.com

Benda gas memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  1. Benda gas terdapat dimana-mana, tidak terlihat dengan mata kita tetap dapat kita rasakan.
  2. Bentuknya dapat berubah-ubah sesuai dengan ruang yang ditempatinya.
  3. Benda gas mempunyai massa, contohnya balon kempis dan balon berisi udara jika kita timbang maka balon berisi udara akan lebih berat.
  4. Benda gas menempati ruang, artinya benda gas menempati ruangan yang tertutup, jika ruangan terbuka maka benda gas akan keluar.
  5. Benda gas tidak bisa diam dan akan terus bergerak kearah yang lebih tinggi.

B. Perubahan Wujud Benda

Benda padat, cair, dan gas dapat mengalami perubahan wujud dikarenakan suhu. Misalnya benda padat dapat berubah menjadi benda cair atau sebaliknya, benda cair menjadi benda gas atau sebaliknya, serta benda gas menjadi padat atau sebaliknya.

  1. Perubahan Wujud Benda Padat

Mencair

Jika kita menyalakan lilin maka lilin akan terbakar dan meleleh menjadi cair. Jika kita memasak menggunakan mentega, mentega yang padat jika dipanaskan akan meleleh menjadi encer.

wujud benda ice cream mencair

innewsday.blogspot.co.id

Jika kita makan es krim, dalam waktu yang tidak lama es akan mencair. Peristiwa melehnya lilin, margarin, ataupun eskrim merupakan contoh perubahan wujud benda padar menjadi cair. Peristiwa ini disebut mencair.

Menyublim

Jika kita menyimpan kapur barus atau kamper kedalam lemari pakaian, lama kelamaan kamper tersebut habis menguap menjadi gas. Perubahan wujud benda padat ke benda gas ini disebut menyublim.

2. Perubahan Wujud Benda Cair

Menguap

Jika kita amati air yang sedang dimasak dan tidak diangkat meskipun sudah mendidih, lama-kelamaan air akan berkurang dan mungkin akan habis. Air tersebut bukan hilang, tetapi berubah wujud dari cair ke uap atau gas.

wujud benda perubahan benda menguap

www.vebma.com

Peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi gas disebut menguap. Peristiwa menguap juga bisa kita lihat pada pakaian yang basah kemudian kita jemur maka pakaian tersebut akan kering.

Membeku

Jika kita memasukkan sekantong air kedalam lemari pembeku (freezer), air didalam kantong yang bentuknya cair akan berubah menjadi es batu yang bentuknya padat.

wujud benda es batu membeku

www.mokomoko.id

Perubahan wujud benda dari cair menjadi padat disebut membeku. Perubahan wujud dari cair ke padat juga dapat dilihat pada saat membuat agar-agar. Pada saat panas agar-agar berbentuk cair, setelah dingin agar-agar berbentuk padat.

3. Perubahan Wujud Benda Gas

Mengembun

Pernahkan kamu memperhatikan tetesan embun didedaunan pada pagi hari? Dari mana asal embun tersebut? Coba hembuskan nafasmu pada kaca. Apakah kaca menjadi berembun?

wujud benda cair perubahan wujud mengembun

pixabay.com

Jika air panas kita tutup dengan piring, maka bagian atas piring yang dipakai tutup akan menetes air. Air tersebut berasal dari uap air yang berubah menajdi air. Peristiwa perubahan wujud benda dari gas menjadi cair disebut mengembun.

Menghablur

Jika kita berkunjung ke kawah gas belerang, maka pada dinding-dinding kawah dapat kita lihat gas-gas belerang yang telah berubah menjadi kristal-kristal belerang.

wujud benda gas perubahan wujud menghablur

pixabay.com

Hal tersebut menunjukkan bahwa benda gas berubah wujud menjadi benda padat. Peristiwa perubahan wujud benda gas menjadi benda padat disebut menghablur.

C. Hubungan Sifat Bahan Dan Kegunaan Benda

Masing-masing Benda-benda yang ada disekitar kita terbuat dari bahan-bahan tertentu. Ada yang terbuat dari kayu, plastik, kaca dan lain-lain. semua bahan tersebut memiliki sifat yang berbeda-beda.

Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia memanfaatkan bahan yang ada di alam dengan mempertimbangkan sifat-sifat bahan yang akan dimanfaatkan. Tujuannya agar barang yang dihasilkan bermanfaat dan tahan lama dalam penggunaanya.

wujud benda dan kegunaanya jas hujan

pixabay.com

Contohnya, jas hujan dibuat dari bahan plastik karena plastik tahan air, sedangkan handuk dari bahan kain kaos karena dapat menyerap air. Baju dari bahan katun atau kaos cock dipakai pada cuaca panas, baju dari kain wol untuk cuaca dingin.

Contoh lain pada ban mobil, sepeda, atau motor terbuat dari karet karena karet lentur sehingga kita akan merasa nyaman saat mengendarainya.

  1. Bahan Logam

Contoh benda yang terbuat dari logam seperti panci, wajan, sendok, garpu dan masih banyak lagi. Panci dan wajan adalah benda yang digunakan untuk memasak. Alat untuk memasak harus terbuat dari bahan tahan api dan tidak mudah terbakar.

wujud benda padat logam untuk memasak

pixabay.com

Logam merupakan bahan yang memiliki sifat tahan api dan tidak mudah terbakar. Sifat logam yang lainnya adalah mengkilap dan dapat menghantarkan panas dengan baik sehingga makanan bisa matang dengan sempurna.

wujud benda logam tahan panas

pixabay.com

Selain itu, logam memiliki sifat keras dan kuat, dapat ,menahan beban yang berat seperti besi. Besi banyak digunakan sebagai bahan pembuat rumah, jembatan, pagar, kursi, meja, tempat tidur dan sebagainya. Contoh logam lainnya adalah kuningan, tembaga, aluminium, perunggu, perak, emas.

2. Bahan Kayu

Kayu merupakan bahan yang memiliki sifat kuat, keras dan dapat menahan beban yang berat. Karenanya kayu digunakan untuk bahan bangunan, membuat meja, kursi, tempat tidur, tangga dan lain-lain.

wujud benda kayu kegunaannya

pixabay.com

Kayu tidak dapat menghantarkan panas seperti logam. Panci terbuat dari logam tetapi pegangannya terbuat dari kayu agar kita dapat memegangnya tanpa merasakan panas. Kelemahan kayu adalah mudah rusak jikan tidak dilapisi cat, dapat melapuk bila terkena rayap, air dan udara.

3. Bahan Kertas

Contoh benda yang terbuat dari kertas adalah buku. Kertas merupakan bahan yang terbuat dari kayu yang kemudian diolah hingga akhirnya menjadi kertas. Jika kertas ditetesi oleh air maka kertas dapat menyerap air.

Kertas mampu menyerap air, namun kemampuannya dalam menyerap air tidak sebaik kain. Selain itu, kertas juga mampu menyerap tinta. Itulah sebabnya kita bisa menulis dengan baik pada kertas.

wujud benda keguanaannya kertas

pixabay.com

Kertas merupakan bahan yang lunak, mudah sobek, dan ringan dibawa kemana-mana. Benda lain yang terbuat dari kertas seperti kalender, kardus, bungkus makanan, kartu ucapan dan lain-lain.

4. Bahan Plastik

Plastik memiliki sifat ringan, mudah dibawa kemana-mana dan tidak dapat menyerap air. Tetapi plastik mudah terbakar. Karena sifatnya itu plastik banyak digunakan sebagai bahan pembungkus makanan, bahan pembuat payung, kursi, gelas, piring dan lain-lain.

wujud benda kegunaannya plastik

www.tokopedia.com

Plastik tidak digunakan untuk peralatan memasak karena sifat plastik yang mudah terbakar. Plastik juga tidak dapat menghantarkan panas sehingga plastik dimanfaatkan sebagaipelindung panas.

5. Bahan Kain

Pakain yang kita kenakan terbuat dari kain. Kain merupaka bahan yang mempunyai tekstur halus dan mampu menyerap keringat. Karena itu kain menjadi bahan utama pembuatan pakaian, handuk, sprei, gorden, selimut, dan lain-lain.

wujud benda kegunaannya kain

pixabay.om

Kain juga memiliki sifat mudah dibentuk, sehingga kita dapat membuat pakaian dengan model yang kita sukai, nyaman digunakan pada tubuh kita serta melindungi kulit kita dari matahari.

6. Bahan Kaca

Jendela rumah terbuat dari bahan kaca. Kita bisa melihat benda yang ada didalam kaca tanpa harus mengeluarkan bendanya. Salah satu sifat dari kaca adalah tembus pandang karena kaca dapat ditembus oleh cahaya.

wujud benda ontohnya kegunaan kaca

pixabay.com

Cahaya matahari bisa masuk kerumah kita melalui kaca. Kaca mudah pecah dan digunakan untuk membuat cermin, jendela, gelas, piring. Selain itu, kaca bisa menghantarkan panas, tetapi tidak sebaik logam.

Sebuah benda dapat saja terbuat dari perpaduan berbagai macam bahan dengan tujuan menghasilkan kualitas yang terbaik. Contohnya rumah, mobil, sepeda motor, sepatu, sandal, dan sebagainya.

Pada sebuah sepatu alasnya terbuat dari karet, bagian luarnya dari kain berpori supaya udara dapat keluar, dan bagian dalamnya terbuat dari katun supaya dapat menyerap air.

wujud benda sepatu tahan air

pixabay.com

Benda dapat berubah wujud dikarenakan kondisi yang mempengaruhinya. Bentuk benda tidak selalu tetap. Suatu saat benda akan mengalami perubahan bentuk benda itu di pengaruhi oleh berbagai hal seperti kondisi dan sifat benda. Suhu, kelembapan udara, ada tidaknya kuman, menyebabkan perubahan pada benda.

Benda yang terbuat dari kayu akan berada ditempat terbuka, basah, dan lembab akan mengalami perubahan dengan cepat jika di bandingkan dengan cara di simpan ditempat kering. Demikian pula, benda dari kayu yang di letakkan dibawah terik matahari akan cepat mengalami perubahan.

wujud benda kayu yang lapuk karna sifatnya

pixabay.com

Dapat disimpulkan bahwa benda yang terbuat dari kayu paling baik disimpan ditempat kering, tidak lembab, dan tidak terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu lama.

Benda yang terbuat dari besi biasanya berkarat jika di letakkan ditempat lembab. Oleh karena itu, benda dari besi tersebut dilapisi dengan cat agar tidak cepat berkarat.

wujud benda besi berkarat

pixabay.com

Ada benda yang mengalami perubahan secara cepat, tetapi ada pula yang lambat. Cepat lambatnya perubahan suatu benda dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain suhu, temperatur, kelembaban, kadar garam, keasaman dan ada tidak nya kuman.

 

Add Comment