Struktur Dan Fungsi Bagian-Bagian Tumbuhan

Struktur Tumbuhan. Tumbuhan merupakan salah satu jenis makhluk hidup. Tumbuhan bisa kita temukan di hutan, taman, kebun, sekitar jalan maupun tempat lainnya. Tumbuhan akan lebih mudah ditemukan di daerah pedesaan dibandingkan daerah perkotaan.

Tumbuhan adalah organisme benda hidup yang terkandung dalam alam plantae. Umumnya, organisme yang melakukan proses fotosintesis diklasifikasikan kedalam tumbuhan, karena hanya tumbuhan yang mempunyai zat hijau daun.

struktur tumbuhan hutan hijau

2iwidya.blogspot.co.id

 

Tumbuhan hijau dan berbunga itu beraneka ragam bentuk serta jenisnya, tetapi harus kita ketahui bahwa sebenarnya semua tumbuhan memiliki struktur yang sama yaitu terdiri dari akar, batang, daun dan bunga

A. Akar

struktur tumbuhan akar pohon

pixabay.com

Akar merupakan bagian tumbuhan yang tidak terlihat di permukaan tanah karena tempat tumbuhnya berada di dalam tanah. Akar selalu tumbuh ke arah bawah searah dengan gaya tarik bumi dan tumbuh terus pada ujungnya.

Akar sangat penting bagi tumbuhan. Jika akar mulai tumbuh, berarti tanaman tersebut hidup dan tanaman itu akan bertambah besar. Akar tidak beruas sehingga tidak mendukung tumbuhnya daun.

1.1 Bagian-Bagian Akar

Pada umumnya, akar terdiri dari akar utama kemudian muncul cabang akar yang muncul dari samping akar dan di permukaan akar tersebut terdapat serabut akar atau biasa di sebut rambut akar.

Lebih spesifik lagi bagian-bagian akar dari atas sampai kebawah, diantaranya :

  1. Pangkal akar atau leher akar (collum), yaitu bagian akar yang berbatasan dengan pangkal batang.
  2. Batang akar (corpus radicis), terdapat dibawah leher akar.
  3. Ujung akar (apex radicis), yaitu bagian akar yang paling muda merupakan daerah pertumbuhan akar.
  4. Cabang akar (radix lateralis), yaitu bagian akar yang bercabang dari akar utama.
  5. Rambut akar atau bulu akar (pilus radicalis), yaitu bagian akar yang membantu penyerapan air dan bentuknya sangat halus.
  6. Tudung akar (calyptra), yaitu bagian ujung akar yang berguna melindungi ujung akar.

1.2 Fungsi Akar

Fungsi akar bagi tumbuhan di antaranya :

  1. Memperkuat berdirinya tumbuhan, semakin kokoh akar, semakin kuat pula tumbuhan berdiri.
  2. Menyerap air dan garam-garam mineral yang ada didalam tanah, semakin tinggi tumbuhan maka akar akan semakin panjang juga.
  3. Mengangkut air dan zat-zat mineral di dalam tanah ke batang.
  4. Tempat menyimpan cadangan makanan, cotohnya wortel dan singkong yang merupakan akar yang membesar.

1.3 Jenis-Jenis Akar

struktur tumbuhan akar pohon

pendidikansertapembelajaran.blogspot.co.id

Akar Tunggang

Akar tunggang adalah akar yang memiliki akar utama yang ukurannya besar dan dari akar utama akan tumbuh akar-akar cabang yang ukurannya lebih kecil dari akar utama. Banyanknya percabangan memberi kekuatan yang lebih besar untuk menopang batang.

Akar tunggang dimiliki oleh tumbuhan dikotil (tumbuhan yang memiliki dua keping biji). Contoh tumbuhan yang memiliki akar tunggang seperti pada pohon jambu, pohon jeruk dan pohon mangga.

struktur tumbuhan akar tunggang

pixabay.com

Jika melihat percabangan dan bentuknya, akar tunggang dapat dibedakan menjadi dua yaitu akar tunggang yang tidak bercabang atau sedikit bercabang dan akar tunggang yang bercabang atau banyak bercabang.

Akar tunggang yang sedikit bercabang biasanya cabangnya berbentuk serabut-serabut yang halus. Akar jenis ini sering berhubungan dengan fungsinya sebagai tempat penyimpan cadangan makanan.

Akar tunggang berbentuk tombak misalnya pada akar lobak dan wortel. Akar tunggang berbentuk gasing misalnya pada bengkuang. Akar tunggang berbentuk benang misalnya pada kratok.

struktur tumbuhan akar tombak

slideplayer.info

Akar tunggang yang bercabang tumbuh lurus kebawah dan bercabang banyak sehingga daerah perakaran menjadi luas. Susunan akar ini terdapat pada pohon-pohon yang awalnya ditanam dari biji.

Akar Serabut

Akar serabut yaitu akar yang tidak mempunyai akar utama dan pertumbuhannya kesegala arah. Akar serabut bentuknya tidak teratur dan serabut, maka disebut akar serabut. Akar serabut keluar dari bagian pangkal batang dan terlihat bergerombol.

Akar jenis ini mempunyai ukuran akar kecil-kecil dan di miliki oleh tumbuhan monokotil (tumbuhan berkeping biji satu). Contoh tumbuhan yang berakar serabut terdapat pada pohon jagung, akar daun bawang dan rumput.

struktur tumbuhan akar hijau

pixabay.com

Beberapa tumbuhan memiliki jenis akar yang memiliki tugas khusus seperti akar napas pada tumbuhan bakau, akar gantung pada pohon beringin, akar tunjang pada tumbuhan pandan. Akar khusus ini tidak tumbuh di dalam tanah seperti akar pada umumnya.

struktur tumbuhan akar beringin

wayantarne.blogspot.co.id

struktur tumbuhan bakau akar

pixabay.com

B. Batang

struktur tumbuhan batang pohon

pixabay.com

Batang merupakan bagian tumbuhan yang tumbuh diatas tanah dan  tempat keluarnya daun, bunga serta buah. Ciri utama batang yaitu beruas-ruas dan umumnya berwarna kecoklatan, tetapi ada juga yang berwarna hijau.

struktur tumbuhan hijau pohon

pixabay.com

Batang berbentuk panjang bulat seperti tabung dan tubuhnya memiliki ruas-ruas serta memiliki cabang. Batang tumbuhan ada yang berukuran besar dan ada yang berukuran kecil. Pertumbuhan batang kearah atas dan selalu bertambah panjang di ujungnya.

2.1 Bagian-Bagian Batang

Batang memiliki ruas dan buku. Pada setiap buku melekat sehelai daun atau lebih. Batang tumbuhan berkayu tersusun dari jaringan primer yaitu kulit luar, kulit pertama, kulit dalam dan silinder pusat.

Kulit luar memiliki dinding luar sel-sel yang menebal dan bermodifikasi menjadi rambut-rambut halus, duri, dan lentisel. Kulit luar ini melindungi jaringan-jaringan yang lebih lembut yang terdapat disebelah dalamnya.

2.2 Fungsi Batang

Batang berfungsi menegakkan tumbuhan, mengangkut air dan zat mineral untuk disebarkan kebagian tumbuhan yang memerlukan. Batang juga berfungsi tempat penimbunan cadangan makanan, contohnya pada tumbuhan kentang.

Pada proses fotosintesis, batang berfungsi memperluas tajuk tumbuhan agar penangkapan cahaya matahari dapat berjalan secara efisien sehingga kebutuhan tumbuhan akan cahaya matahari dalam fotosistesis dapat tercukupi.

2.3 Jenis-Jenis Batang

a. Batang berkayu, yaitu batang yang mengandung kayu, kuat dan keras. Batang berkayu bisa hidup selama bertahun-tahun. Misalnya batang pohon jambu, pohon akasia, mangga dan lain-lain.

struktur tumbuhan berkayu batang

pixabay.com

b. Batang basah, yaitu batang yang tidak berkayu, lunak dan berair. Batang basah umumnya mudah patah dan tumbuhnya tidak sebsar batang berkayu. Batang basah biasanya berwarna hijau. Contoh batang basah pada tumbuhan bayam.

struktur tumbuhan bayam hijau

pixabay.com

c. Batang rumput, yaitu batang yang mempunyai ruas-ruas yang nyata, memiliki rongga dan tidak keras. Contoh pada rumput, batang padi, batang gandum, batang jagung dan pada daun bawang.

struktur tumbuhan gandum rumput

pixabay.com

C. Daun

Daun merupakan bagian tumbuhan yang sangat penting karena merupakan tempat berlangsungnya proses fotosintesis. Daun biasanya berjumlah lebih dari satu dan tumbuh diranting batang.

struktur tumbuhan daun hijau

pixabay.com

Pada umumnya, daun berwarna hijau karena memiliki zat hijau daun atau klorofil. Jika tumbuhan tidak memiliki zat hijau daun atau klorofil maka fotosintesis tidak akan berlangsung, seperti pada tumbuhan jamur.

struktur tumbuhan jamur coklat

pixabay.com

3.1 Bagian-Bagian Daun

Bagian-bagian daun diantaranya :

Pelepah daun, yaitu bagian daun yang menempel pada dahan pohon atau ranting. Daun yang memiliki pelepah daun disebut daun lengkap. Contoh pada pohon pisang.

struktur tumbuhan pisang pelepah

pixabay.com

Tangkai daun yaitu bagian daun yang terletak diatas pelepah daun dan berfungsi sebagai penyangga daun agar daun berdiri tegak serta menempatkan helaian daun pada posisi yang tepat agar memperolah cahaya matahari.

struktur tumbuhan tangkai daun

pixabay.com

Helaian daun yaitu bagian daun yang sangat tipis dan lebar, memiliki tulang daun yang membentuk daun itu sendiri. Daun berbentuk lembaran-lembaran dan menjadi tempat utama proses fotosintesis berlangsung.

Daun terdiri dari dua macam, yaitu daun lengkap dan daun tidak lengkap. Daun lengkap terdiri atas pelepah, tangkai dan helaian daun. Daun tidak lengkap adalah daun yang hanya tersusun atas 1-2 bagian saja.

Contoh tumbuhan yang memiliki daun lengkap adalah daun pisang, daun kunyit dan daun keladi. Contoh daun tidak lengkap seperti daun mangga, daun jeruk dan daun rambutan karena hanya memiliki tangkai dan helai daun.

struktur tumbuhan kunyit daun

pixabay.com

struktur tumbuhan mangga daun

pixabay.com

3.2 Fungsi Daun

Adapun fungsi daun diantaranya:Untuk fotosintesis. Daun merupakan tempat berlangsungnya fotosintesis atau tempat pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan cahaya matahari. Klorofil pada daun mengubah air dan karbondioksida menjadi oksigen.

  1. Tempat terjadinya proses penguapan air atau evaporasi. Ketika tumbuhan kekurangan atau kelebihan air, maka zat yang terdapat dipermukaan daun dapat melakukan proses penguapan melalui stomata.
  2. Tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida melalui alat pernapasan yang disebut stomata. Stomata mengambil karbondioksida dari udara sebagai bahan fotosintesi dan mengelurkan oksigen sebagai hasil fotosintesis.

3.3 Jenis-Jenis Daun

Berdasarkan bentuknya :

Ada banyak sekali bentuk-bentuk daun tumbuhan. Jika dilihat berdasarkan bentuknya, daun memilliki bentuk daun lonjong, bentuk daun memanjang, daun bentuk bulat telur, dan daun bentuk ginjal.

Daun lonjong yaitu daun yang memiliki ukuran panjang dan lebar 2:1. Hampir semua tumbuhan memiliki bentuk daun lonjong. Contoh tumbuhan yang memiliki daun bentuk lonjong adalah mangga, jambu dan belimbing.

struktur tumbuhan jambu

pixabay.com

Daun memanjang memiliki perbandingan ukuran panjang dan lebarnya 3:1. Contoh pada daun pandan dan daun jagung. Daun bentuk memanjang juga dimiliki oleh tumbuhan yang tergolong dengan rumput-rumputan.

struktur tumbuhan rumput-rumputan

pixabay.com

Daun bentuk bulat telur memiliki bentuk bulat seperti telur. Daun bentuk bulat telur dimiliki oleh daun kembang sepatu dan daun lombok rawit.

struktur tumbuhan bulat telur

tiptopsehat.blogspot.co.id

Daun bentuk ginjal merupakan bentuk daun yang lebar dan pendek hampir mirip dengan bentuk ginjal. Contoh tumbuhan yang memiliki daun bentuk ginjal pada daun kaki kuda dan daun pegagan.

struktur tumbuhan bentuk ginjal

jejamon.blogspot.co.id

Bentuk daun berdasarkan susunan tulang:

Berdasarkan susunan tulangnya, daun di bedakan menjadi empat macam, yaitu daun bertulang menyirip, daun bertulang menjari, daun bertulang melengkung, dan daun bertulang sejajar.

Daun bertulang menyirip adalah daun yang memiliki bentuk tulang daun seperti sirip ikan, sehingga disebut daun bertulang menyirip. Contohnya pada daun pohon jambu, dan daun pohon mangga.

struktur tumbuhan menyirip hijau

pixabay.com

Daun bertulang menjari adalah daun denngan bentuk tulang daun seperti jari-jari. Contoh tumbuhan yang memiliki daun bertulang menjari adalah daun ubi, daun pepaya, daun kapas dan daun jarak.

struktur tumbuhan daun menjari

pixabay.com

Daun bertulang melengkung  adalah daun dengan bentuk tulang daun yang melengkung. Contoh tumbuhan yang memiliki daun bertulang melengkung adalah daun genjer, daun sirih dan daun gadung.

struktur tumbuhan daun melengkung

pixabay.com

Daun bertulang sejajar adalah daun dengan bentuk tulang daun yang lurus dan arahnya sejajar. Contoh tumbuhan yang memiliki daun bertulang sejajar adalah tanaman yang tergolong rumput-rumputan.

struktur tumbuhan rerumputan

pixabay.com

Bentuk daun berdasarkan banyaknya daun:

Berdasarkan banyaknya daun, tumbuhan terbagi atas dua, yaitu daun tunggal dan daun majemuk.

Daun tunggal adalah daun yang dalam satu tangkai terdiri atas satu helaian daun dan tidak memiliki cabang tangkai. Contoh tumbuhan yang memiliki daun tunggal adalah daun jambu, daun soka, dan daun mangga.

struktur tumbuhan daun tunggal

pixabay.com

Daun majemuk adalah daun yang dalam satu tangkai terdiri atas beberapa cabang tangkai dan dalam cabang tangkai ada anak daun. Contoh tumbuhan yang memiliki daun majemuk adalah daun belimbing, daun pacar, daun kelor dan kembang merak.

struktur tumbuhan belimbing majemuk

pixabay.com

 

struktur tumbuhan majemuk

pixabay.com

D. Bunga

struktur bunga indah

pixabay.com

Bunga sangat penting untuk perkembangbiakan tumbuhan karena pada bunga terdapat alat reproduksi, yaitu putik dan benang sari. Sebenarnya bunga merupakan pucuk yang mengalami perkembangan. Bunga berwarna-warni sehingga sangat menarik perhatian kita.

struktur tumbuhan merah jambu

pixabay.com

4.1 Bagian-Bagian Bunga

Bunga juga merupakan bagian dari tumbuhan yang memiliki struktur dan fungsi tersendiri. Bentuk bunga yang kita temui memang beraneka ragam, tetapi setiap jenis bunga memiliki tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari dan putik.

Tangkai bunga, yaitu bagian bunga yang menghubungkan ranting dengan bunga serta membuat bunga bisa berdiri tegak. Bentuknya hampir sama dengan batang, tetapi ukurannya lebih kecil.

struktur tumbuhan bunga tulip

pixabay.com

Kelopak bunga, merupakan bagian hiasan bunga yang berada paling luar. Kelopak bunga berwarna hijau seperti daun. Sewaktu bunga kuncup, bunga diselubungi oleh kelopak yang berfungsi untuk melindungi bunga.

struktur tumbuhan kelopak bunga

pixabay.com

Mahkota bunga, merupakan bagian bunga yang memiliki warna-warni yang menarik. Mahkota bunga terletak disebelah dalam kelopak dan berfungsi melindungi alat kelamin yang dimilki oleh bunga, serta menarik serangga lain untuk datang membantu proses penyerbukan.

struktur tumbuhan riasan bunga

pixabay.com

struktur tumbuhan mahkota bunga

pixabay.com

Putik, merupakan alat kelamin betina pada tumbuhan. Pada dasar putik terdapat bakal buah dan bakal biji yang akan berkembang menjadi buah dan biji. Jumlah putik hanya satu.

struktur tumbuhan putik bunga

pixabay.com

Benang sari,merupakan alat kelamin jantan pada tumbuhan yang terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. Didalam benang sari terdapat serbuk sari yang bertugas menempel pada putik. Benang sari biasanya terletak ditengah-tengah mahkota bunga.

struktur tumbuhan benangsari bunga

pixabay.com

4.2 Fungsi Bunga

Bunga berperan sebagai tempat berlangsungnya perkembangbiakan pada tumbuhan. Peristiwa penyerbukan, yaitu jatuhnya serbuk sari keatas kepala putik merupakan awal terjadinya perkembangbiakan pada tumbuhan.

struktur tumbuhan penyerbukan bunga

pixabay.com

4.3 Jenis-Jenis Bunga

Berdasarakan jenisnya, bunga dikelompokkan menjadi dua yaitu bunga lengkap dan bunga tidak lengkap. Berdasarkan benang sari dan putik, bunga dikelompokkan menjadi dua juga, yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

Bunga lengkap adalah bunga yang memilki kelopak bunga, mahkota bunga, putik dan benang sari. Sebaliknya bunga yang tidak memiliki salah satu bagian bunga tersebut dinamakan bunga tidak lengkap.

Contoh bunga lengkap adalah bunga sepatu, bunga mawar, bunga melati, bunga tembakau dan bunga terung. Bunga pada tumbuhan tersebut mempunyai kelopak, mahkota, putik dan benang sari. Sedangkan contoh bunga tidak lengkap yaitu bunga mentimun dan bunga salak.

struktur tumbuhan bunga lengkap

pixabay

struktur tumbuhan bunga terong

pixabay.com

struktur tumbuhan mentimun

pixabay.com

Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki alat kelamin pada bunga yaitu benang sari dan putik. Perhiasan bunga seperti kelopak bunga dan mahkota bunga tidak harus selalu ada pada jenis bunga ini.

Sedangkan bunga tidak sempurna adalah bunga yang hanya memiliki salah satu alat kelamin bunga. Yaitu, bunga yang hanya memiliki putik dan tidak memiliki benang sari atau bunga yang hanya memiliki benang sari saja.

Bunga tidak sempurna juga sering disebut monoesis dan diesis. Monoesis yaitu bunga yang memiliki alat kelamin betina dan bunga yang memiliki alat kelamin jantan berada pada satu tumbuhan, seperti pada tumbuhan mentimun dan jagung.

struktur tumbuhan bunga jagung

pixabay.com

Diesis adalah bunga yang memiliki alat kelamin betina dan bunga yang memiliki alat kelamin jantan berada pada tumbuhan yang berlainan atau sering disebut tumbuhan berumah dua. Contoh tumbuhan ini adalah pada tumbuhan salak.

Add Comment