Pengertian, Komposisi, Sifat-Sifat Dan Pencemaran Udara

Sifat-Sifat Udara. Udara merupakan salah satu benda penting yang dibutuhkan semua makhluk hidup di bumi, karena semua makhluk hidup baik manusia, binatang dan tumbuh- tumbuhan perlu bernafas.

pengertian dan sifat-sifat udara

pixabay.om

Tanpa udara, makhluk hidup tidak akan bisa bernafas. Dan tanpa bernafas, makhluk hidup akan mati. Manusia dan hewan bernafas setiap detik, bahkan nafas itu hanya mampu berhenti selama beberapa detik saja.

A. Pengertian Udara

Kombinasi bermacam jenis gas yang tidak berbau juga tidak berwarna yang memenuhi ruang di atas bumi seperti yang kita hirup apabila kita bernapas disebut udara. Contoh jenis gas itu seperti oksigen dan nitrogen.

sifat-sifat udara merupakan gas

pixabay.om

Udara merupakan jenis barang bebas, sehingga untuk  mendapatkan udara, manusia binatang maupun tumbuh- tumbuhan bisa mendapatkannya dengan bebas. Udara tidak bisa kita lihat, namun bisa kita rasakan.

B. Komposisi Udara

Udara yang ada di permukaan Bumi terdiri dari campuran dari berbagai gas, yaitu gas Nitrogen, Oksigen, Uap air, Karbondioksida, dan gas- gas lainnya. Itulah sebabnya udara mempunyai berbagai kandungan senyawa yang beraneka ragam.

sifat-sifat udara dan komposisi udara

pixabay.om

Senyawa dan partikel dalam udara akan berubah mengikuti ketinggian dari permukaan tanah. Massa udara juga bisa berkurang seiring dengan ketinggian yang semakin bertambah pula.

Semakin tinggi atau semakin dekat dengan lapisan troposfer maka udara akan semakin tipis sehingga melewati batas gravitasi bumi. Bila sudah melewati maka udara akan menjadi hampa sama sekali.

Banyak sekali kandungan atau komposisi udara yang terdiri dari berbagai macam gas dan dengan ukuran yang berbeda- beda. Ada 3 unsur utama dari gas diantaranya udara kering, uap air, dan aerosol.

Kandungan udara kering adalah 78% Nitrogen, 20% Oksigen, 0,93% Argon, 0,03% Karbon Dioksida, 0,003% gas-gas lain seperti Neon, Helium, Metana, Kripton, Hidrogen, Xenon, Ozon, Radon.

sifat-sifat udara dan kandungan udara

pixabay.om

Evaporasi (penguapan) pada laut, sungai, danau, dan tempat berair lainnya merupakan asal dari uap air yang ada pada udara. Aerosol merupakan benda berukuran kecil, seperti garam, karbon, sulfat, nitrat, kalium, kalsium, serta partikel dari gunung berapi.

Setiap hari kita menghirup kandungan gas- gas yang ada di dalam udara ke dalam paru- paru kita. Dan udara- udara yang kita hirup tersebut setiap harinya bersirkulasi di dalam tubuh kita.

C. Sifat- sifat Udara

Benda yang ada di bumi ini ada tiga jenis, yakni benda padat, cair dan gas. Bentuk dan juga sifat setiap jenis benda tersebut berbeda- beda. Udara mempunyai sifat yang khas dimiliki oleh udara sendiri. Berikut ini merupakan sifat-sifat udara:

pixabay.com

1. Udara Ada Dimana Saja

Udara Ada Bumi dan permukaannya dihuni oleh berbagai macam makhluk hidup, yaitu manusia, hewan dan tumbuh- tumbuhan. Udara sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup yang ada di Bumi untuk dapat tumbuh dan bertahan hidup.

sifat-sifat udara ada dibumi

pixabay.om

Dimanapun tempat di Bumi ini maka akan selalu ada udara. Hal ini dibuktikan bahwa ada banyak sekali makhluk hidup yang dapat bertahan hidup di Bumi, bahkan ditempat yang sangat terpencil ataupun tertutup sekalipun.

Udara selalu ada di mana- mana dibuktikan dari hal tersebut diatas. Kita masih tetap bisa bernafas apabila sedang berada di tempat yang tertutup sekalipun karena udara ada dimanapun, misalnya di lift.

2. Udara Tidak Dapat Dilihat, Namun Dapat Dirasakan

Benda padat dan benda cair dapat kita lihat dan dapat kita rasakan. Berbeda dengan gas yang memiliki sifat lain yakni tidak dapat dilihat oleh manusia. Meski tidak dapat kita lihat namun udara dapat kita rasakan ketika udara bergerak.

Angin merupakan udara yang bergerak. Angin yang berhembus akan dapat kita rasakan ketika angin menyentuh pori- pori kulit. Perubahan suhu akan kita rasakan, terkadang kita akan merasakan dingin namun terkadang kita akan merasakan segar.

sifat-sifat udara dapat dirasakan tapi tidak dilihat

pixabay.om

Hal tersebut diatas dapat kita rasakan, bahwa terkadang kekuatan dari udara yang bergerak ini akan dapat mengangkat helai- helai rambut yang kita miliki. Ketika tumbuhan bergerak melambai juga termasuk ontoh bahwa udara dapat dirasakan meski tak terlihat.

3. Udara Berbentuk Gas

Udara yang ada di permukaan bumi ini merupakan salah satu benda yang berbentuk gas dan terdiri atas berbagai macam gas. Artinya, udara adalah benda yang berbentuk gas. Benda- benda gas, khususnya udara ini tidak dapat di lihat, tidak dapat kita cium baunya namun dapat kita rasakan.

sifat-sifat udara adalah gas

pixabay.om

Salah satu bukti kita bisa merasakannya adalah ketika kita bisa menghirup udara dan juga ketika udara bergerak maka kita akan bisa merasakan melalui pori- pori kulit kita. Tumbuhan yang tertiup angin dan bergerak merupakan bukti adanya udara.

4. Udara Memiliki Massa Atau Berat

Semua jenis benda mempunyai massa, maka udara juga memiliki massa atau berat. Meskipun udara merupakan benda yang tidak berwujud (tidak dapat kita lihat) dan juga tidak dapat dicium, namun udara memiliki massa atau berat. Ada alat tertentu yang dapat digunakan untuk mengukur massa atau berat udara.

sifat-sifat udara memiliki massa

pixabay.om

Tabung gas yang kosong dengan tabung gas yang berisi dapat membedakan bahwa didalam tabung gas ada udara atau tidak. Kita dapat merasakan bahwa tabung gas yang berisi akan terasa lebih berat dan memiliki massa dibandingkan dengan tabung yang kosong jika keduanya diangkat.

5. Udara Menempati Ruang

Udara bersifat menempati ruang, karena di berbagai sudut ruangan selalu ada udara. Celah terkecil pun dapat ditempati oleh udara. Sebagai bukti adalah kita bisa bernafas dimanapun kita berada, bahkan ketika berada di tempat yang tertutup tanpa ventilasi.

sifat-sifat udara menempati ruang tanpa ventilasi

pixabay.om

Udara selalu ada dimana saja bahkan di area tertutup sekalipun. perlu diketahui bersama, mula- mula kita bisa terus bernafas di tempat tertutup tanpa ventilasi, tapi lama- kelamaan kita tidak akan bisa bernafas apabila tidak ada sirkulasi atau ventilasi udara.

Saat kita menghirup udara untuk bernafas, maka kita akan menghirup Oksigen, dan mengeluarkan adalah Karbondioksida. Jadi, al tersebut bukan karena udara habis. Maka apabila kekurangan Oksigen dalam pernafasan kita bisa sesak nafas.

6. Udara Mempunyai Tekanan

Udara memiliki tekanan yang berbeda- beda antara satu tempat dengan tempat yang lain. Salah satu hal penting dari tempat yang sangat bisa mempengaruhi tekanan adalah ketinggian tempat tersebut.

Udara yang panas akan mempunyai tekanan udara yang lebih rendah daripada udara yang dingin. Udara yang bergerak memiliki tekanan yang lebih rendah daripada udara yang diam.

sifat-sifat udara mempunyai tekanan

pixabay.om

Hal- hal tersebut diatas yang membedakan antara udara yang bertekanan tinggi dan juga udara yang bertekanan rendah. Untuk mengukur tekanan udara sendiri kita bisa mengukurnya dengan suatu alat pengukur tekanan udara.

7. Udara Akan Memuai Apabila Dipanaskan

Udara tidak dapat kita lihat bentuknya, karena memang udara tidak berbentuk. Tetapi  bukan berarti bahwa udara tidak bisa mengalami perubahan meskipun tidak berbentuk. Akan memuai apabila udara dipanaskan merupakan salah satu sifat yang dimiliki udara.

sifat-sifat udara bisa memuai

pixabay.om

Pernahkah melihat ban sepeda tiba-tiba meletus? Kejadian semacam itu umumnya terjadi pada siang hari atau ketika sepeda itu berada di tempat yang panas. Apa yang menyebabkan ban sepeda itu meletus?

Ban sepeda tersebut meletus karena terjadi pemuaian udara atau gas di dalam ban. Pemuaian tersebut terjadi karena adanya kenaikan suhu udara di ban sepeda akibat gesekan roda dengan aspal.

8. Udara Bergerak Dari Tempat Yang Bertekanan Tinggi Menuju Ke Tempat Yang Bertekanan Rendah

Udara memiliki sifat sangat fleksibel, bahkan tingkat kefleksibelan yang dimilikinya jauh melebihi benda- benda cair. Udara selalu ada dimanapun, bahkan di permukaan bumi diliputi dengan lapisan- lapisan udara.

sifat-sifat uadar adalah bisa bergerak

pixabay.om

Udara yang dapat bergerak bebas ini mempunyai pola atau sifat. Udara berhembus dari tempat yang memiliki tekanan tinggi menuju ke tempat yang mempunyai tekanan yang lebih rendah Seperti halnya air yang mengalir dari tempat yang lebih tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah maka. Inilah sifat gerak yang dimiliki oleh udara.

9. Bentuk, Volume Dan Massa Jenis Udara Selalu Berubah-Ubah

Sifat yang dimiliki oleh udara adalah sangat fleksibel. Bentuk, volume dan juga massa jenisnya lah beberapa hal yang dimiliki oleh udara. Sebelumnya dikatakan bahwa udara mempunyai bentuk namun tidak dapat kita lihat.

Udara memiliki bentuk yang berubah-ubah sesuai dengan wadahnya yang ditempatinya. Udara juga selalu berbeda- beda tergantung tempat atau keberadaan dari udara selain bentuk, volume dan juga massa jenis yang dimiliki oleh udara.

sifat-sifat udara mempunyai volume

pixabay.om

Jadi, udara adalah benda gas yang mempunyai sifat-sifat yang telah disebutkan diatas. Sifat- sifat udara yang telah dijabarkan di atas pada umumnya juga dimiliki oleh benda- benda gas. Meskipun mungkin saja ada beberapa sifat yang tidak dimiliki oleh benda gas lain selain udara.

D. Pencemaran Udara

Kehadiran satu atau lebih dari substansi fisik, kimia atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan makhluk hidup serta mengganggu estetika dan kenyamanan disebut pencemaran udara.

sifat-sifat udara dan pencemaran udara dibumi

pixabay.om

Pencemaran udara disebabkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Gangguan fisik seperti polusi, radiasi, panas atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara.

Pencemaran udara yang terjadi di dalam ruangan sama buruknya dengan pencemaran udara di ruang terbuka dan dapat mempengaruhi kesehatan manusia.

Pencemaran udara dibedakan menjadi dua yaitu, pencemar primer dan pencemar sekunder.

1. Pencemaran Primer

Substansi pencemaran primer ditimbulkan langsung dari sumber pencemaran udara. Karbon monoksida adalah sebuah contoh dari pencemar udara primer karena ia merupakan hasil dari pembakaran.

sifat-sifat udara dan pencemaran primer

pixabay.om

2. Pencemaran Sekunder

Substansi pencemaran sekunder adalah yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer. Pembentukan ozon dalam smog foto kimia adalah contoh dari pencemaran udara sekunder.

Sekarang ini, efek dari emisi polusi udara sangat memprihatinkan. Pengaruh dari emisi polusi udara dalam konteks global dan hubungannya dengan pemanasan global diantaranya:

1. Aktivitas Manusia

Aktivitas manusia ini meliputi transportasi, industri, pembangkit listrik, pembakaran (perapian, kompor, insinerator dengan berbagai jenis bahan bakar) termasuk pembakaran biomassa secara tradisional, gas buang pabrik yang menghasilkan gas berbahaya.

sifat-sifat udara dan pencemaran ulah manusia

pixabay.om

2. Sumber Alami

Gunung berapi, rawa-rawa, kebakaran hutan, denitrifikasi, dalam kondisi tertentu merupakan sumber alami. Senyawa organik volatil yang signifikan yang mampu bereaksi dengan polutan antropogenik membentuk polutan sekunder dapat dihasilkan oleh vegetasi.

sifat-sifat udara dan pencemaran alaminya

pixabay.om

3. Sumber-Sumber Lain

Sumber-sumber lain meliputi transportasi, kebocoran tangki gas, gas metana dari tempat pembuangan akhir sampah dan uap pelarut organik.

sifat-sifat udara dan polusinya

pixabay.om

Adapun jenis-jenis bahan pencemar udara (polutan) yaitu Karbon monoksida, Oksida nitrogen, Oksida sulfur, CFC, Hidrokarbon, Senyawa organik volatil, Partikulat, dan Radikal bebas.

E. Dampak Pencemaran Udara

Salah satu contoh pencemaran udara adalah polusi udara. Polusi udara adalah suatu kondisi dimana udara yang ada di sekitar ini dicemari oleh bahan- bahan kimia, zat atau partikel yang bersifat negatif, atau bahan biologis lainnya yang  bersifat membahayakan manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Ulah manusia merupakan penyebab polusi udara serta seringkali mengakibatkan berbagai macam dampak yang merugikan, tidak hanya bagi manusia saja, namun juga bagi makhluk hidup lainnya.

sifat-sifat udara dan dampaknya pada lingkungan

pixabay.om

Penyebab polusi udara antara lain asap kendaraan, asap pabrik, asap rokok, pembangkit listrik, letusan gunung berapi, kegiatan pertanian, pertambangan, aktivitas rumah tangga, kebakaran hutan, timbunan sampah, dan penebangan hutan secara liar.

Polusi menyebabkan pencemaran udara yang bisa berdampak buruk bagi makhluk hidup dan isi bumi ini. Dampak tersebut antar lain:

1. Dampak Pencemaran Udara Bagi Kesehatan

Pada kesehatan, dampak pencemaran udara yang paling umum terjadi adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan atas), seperti asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya.

sifat-sifat udara tercemar mengakibatkan asma

pixabay.om

Beberapa zat pencemar dikategorikan sebagai toksik dan karsinogenik. Substansi pencemar udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan. Jauhnya penetrasi zat pencemar ke dalam tubuh bergantung kepada jenis pencemar.

Partikulat berukuran kecil dan gas dapat mencapai paru-paru sedangkan partikulat berukuran besar dapat tertahan di saluran pernapasan bagian atas. Zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh dari paru-paru,.

2. Dampak Pencemaran Udara Terhadap Tanaman

Tanaman dapat terganggu pertumbuhannya dan rawan penyakit jika tumbuh di daerah dengan tingkat pencemaran udara tinggi. Penyakit tumbuhan antara lain klorosis, nekrosis, dan bintik hitam sehingga dapat menghambat proses fotosintesis.

3. Dampak Pencemaran Udara Terhadap Hujan Asam

Air hujan biasa memiliki pH  5,6 karena adanya CO2 di atmosfer. Pencemar udara seperti SO2 dan NO2 bereaksi dengan air hujan membentuk asam dan menurunkan pH air hujan.

Dampak hujan asam antara lain: mempengaruhi kualitas permukaan air, merusak tanaman, melarutkan logam-logam berat yang terdapat dalam tanah sehingga memengaruhi kualitas air tanah dan air permukaan, bersifat korosif sehingga merusak material dan bangunan.

4. Pencemaran Udara Menyebabkan Efek Rumah Kaca

Penyebab efek rumah kaca  adalah adanya keberadaan CO2, CFC, metana, ozon, dan N2O di lapisan troposfer yang menyerap radiasi panas matahari yang dipantulkan oleh permukaan bumi.

sifat-sifat udara dan pencemaran korosif

pixabay.om

Imbasnya adalah panas terperangkap dalam lapisan troposfer dan menimbulkan fenomena pemanasan global yang menyebabkan peningkatan suhu rata-rata bumi, pencairan es di kutub, perubahan iklim regional dan global, perubahan siklus hidup flora dan fauna.

5. Pencemaran Udara Menyebabkan Kerusakan Lapisan Ozon

Lapisan ozon  merupakan pelindung alami bumi yang berfungsi memfilter radiasi ultraviolet B dari matahari. Lapian ozon berada di stratosfer dengan ketinggian 20–35 km.

sifat-sifat udara dan dampaknya pada ozon

pixabay.om

Pembentukan dan penguraian molekul-molekul ozon (O3) terjadi secara alami di stratosfer. Laju penguraian molekul-molekul ozon lebih cepat dari pembentukannya disebabkn oleh emisi CFC yang mencapai stratosfer dan bersifat sangat stabil, sehingga terbentuk lubang-lubang pada lapisan ozon.

F. Upaya Menanggulangi Pencemaran Udara

Pencemaran atau polusi udara memanglah hal yang harus diwaspadai, bahkan harus segera dihilangkan. Hal ini karena polusi udara atau pencemaran udara ini sangat membawa hal negatif bagi aspek kehidupan apapaun yang ada di bumi ini.

Oleh karena itulah kita sebagai manusia sebagai makhluk yang mempunyai akal sudah sepantasnya menjaga kesehatan bumi dari orang- orang yang tidak bertanggung jawab. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi polusi udara, antara lain:

sifat-sifat udara dampak dan cara mengatasinya

pixabay.com

  1. Melakukan penyuluhan terhadap masyarakat mengenai pentingnya udara yang bersih dan juga bebas dari polusi disertai penegakan kembali peraturan atau perundang- undangan tentang lingkungan
  2. Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil sebagai pembangkit listrik atau energi lainnya. Hal ini karena bahan bakar fosil dapat menghasilkan polutan sehingga sangat berkontribusi menciptakan pencemaran udara.
  3. Sebelum asap dikeluarkan ke udara bebas, gas buangan dialirkan ke dalam air laut atau ke dalam larutan pengikat terlebih dahulu dengan tujuan mengurangi potensi terjadinya pencemaran yang dapat merusak lingkungan.
  4. Pabrik- pabrik atau lokasi- lokasi yang membuang asap (sebagai salah satu limbahnya) melalukan penyaringan terhadap asap atau limbah asap yang akan dibuang ke udara bebas agar tidak terlalu membahayakan kesehatan Bumi.
  5. Mengurangi jumlah kendaraan pribadi dan membiasakan diri menggunakan transportasi umum atau mulai hidup sehat dengan menggunakan sepeda.
  6. Mengganti bahan bakar kendaraan menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan, seperti biogas dan menggunakan peralatan atau bahan- bahan yang lebih ramah lingkungan dalam kehidupan sehari- hari.
  7. Menjaga kelestarian hutan dengan melakukan tanam seribu pohon atau penghijauan dan menghindarkan diri dari orang- orang yang berniat jahat terhadap hutan serta tidak melakukan penggundulan hutan
  8. Mulai melakukan penanaman tanaman- tanaman hijau, dimulai dari lingkungan yang ada di sekitar rumah dan juga dipinggir- pinggir jalan, Ikut serta menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekitar.
  9. Mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan, misalnya mengurangi penggunaan insektisida secara berlebihan karena dapat mencemari tanah.
  10. Membedakan sampah yang organik dan juga non organik dan tidak membiarkan sampah berserakan.
  11. Mengolah sampah non organik yang masih layak pakai menjadi barang- barang yang berguna dan menimbun sampah- sampah organik agar menjadi pupuk organik
  12. Menumbuhkan kesadaran para petani atau pengusaha agrobisnis untuk tidak menggunakan hutan sebagai lahan pertanian atau perkebunan. Hal ini karena hutan sendiri keberadaannya sangatlah dubutuhkan.

 

Add Comment