Organ Reproduksi Rahim (Uterus)

Proses Terjadinya Manusia Dalam Rahim. Posisi rahim terletak di antara kandung kemih dan tulang belakang. Rahim dikelilingi oleh tulang-tulang pelindung dan terikat oleh “tali” (ligament) yang berfungsi untuk menjaga agar rahim tetap berada pada posisi normalnya.

Proses Terjadinya Manusia Dalam Rahim

google.com

A. Susunan Rahim

Sebagai tempat yang kokoh, rahim terlindungi oleh tulang-tulang yang kuat. Tulang tersebut meliputi tulang panggul, ekor, dan tulang kemaluan. Dalam posisinya yang terlindung, rahim mampu menjaga embrio yang sedang implantasi.

Rahim merupakan organ reproduksi wanita yang kokoh dan ideal sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan embrio oleh serviks (leher rahim), membuka ke dalam vagina, dan ujung yang satu lebih luas, dianggap sebagai badan rahim, disambung dengan badan  fallopian (sebagai tempat bertemunya sel telur dengan sel spermatozoa).

Rahim terdapat dalam berbagai bentuk dan ukuran pada organisme yang berbeda. Pada manusia, rahim berbentuk seperti buah pir.

Rahim tersusun dari otot-otot yang mampu berkontraksi selama proses melahirkan. Lapisan permanen  pada jaringan rahim disebut endometrium, lapisan paling luar (perimetrium) bersifat permanen, artinya tidak dapat meluruh ketika terjadi mentruasi,.

Pada manusia, endometrium membuat lapisan pada waktu-waktu tertentu, jika tidak terjadi kehamilan, lapisan endometrium mengelupas atau diserap kembali oleh dinding-dinding rahim.

Susunan Rahim dalam proses terjadinya manusia

globaltake.com

Rahim bersifat kokoh karena mempunyai dinding-dinding yang dapat mendukung suatu siklus sesuai dengan fase-fasenya. Fase-fase tersebut meliputi fase folikuler (proliferatif), fase sekretorik ( progestasional), dan fase menstrual. Fase-fase ini terlaksana oleh adanya dukungan hormon-hormon tertentu.

Secara anatomi, dinding rahim tersusun atas tiga lapis. Lapisan dinding rahim yang terluar disebut peritoneum, terdiri dari lapisan serosa. Lapisan dinding rahim bagian tengah tersusun dari lapisan otot polos yang tebal, dikenal sebagai miometrium. Lapisan dinding rahim bagian dalam dilapisi oleh selaput lendir, disebut endometrium.

B. Proses Terjadinya Manusia Dalam Rahim

Rahim merupakan organ  reproduksi wanita yang istimewa. Keistimewaan ini tampak dari kemampuannya untuk mengadakan adaptasi terhadap berbagai fase, menerima dan memelihara embrio yang akan melakukan implantasi.

Menurut mahaputra (1999:6) dikatakan bahwa semua perubahan keadaan ini diatur oleh hormon steroid yang dihasilkan oleh ovarium kemudian selanjutnya dibentuk oleh hormon-hormon plasenta.

Tiga hari setelah pembuahan, embrio telah sampai pada “pintu masuk” rahim. Pada hari keempat, embrio akan melakukan perjalanan untuk mencari tempat yang cocok dalam menambatkan diri (implantasi).

embrio terjadinya manusia

6erita.blogspot.co.id

6erita.blogspot.co.id

Embrio melakukan implantasi kira-kira hari ke-,5-6. Setelah terjadi implantasi, endometrium telah tumbuh secara optimum untuk menghasilkan susu uterus yang berfungsi untuk memberikan media dan menyokong pertumbuhan embrio setelah implantasi.

 

Add Comment