Menanam Pisang Yang Benar Dan Cara Pemeliharaannya

Menanam Pisang. Buah pisang merupakan buah yang sudah sangat populer di Indonesia. Sejak dahulu kala, buah ini menjadi makanan rakyat dari semua lapisan masyarakat. Agar hal itu terus terjaga, maka kita harus memperhatikan cara menanam pisang yang baik dan benar.

cara bertanam pisang yang baik

pixabay.om

Saat ini, produksi buah pisang bukan saja diperlukan di pasaran lokal saja, tetapi juga digunakan sebagai komoditi ekspor. Buah pisang bisa diolah menjadi aneka jenis makanan, seperti gorengan, kolak, kue, dan keripik. Untuk mendapatkan buah pisang yang bagus maka kwalitas bertanamnya harus dipertinggi.

A. Asal-Usul Tanaman Pisang Di Indonesia

Pisang adalah tumbuhan  asli Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya jenis pisang di pulau-pulau seluruh Indonesia. Ada juga pisang dari luar negeri, seperti pisang manila, pisang madagaskar (Afrika) yang pelepah daunnya berbentuk kipas digunakan sebagai tanaman hias.

lahan bertanam pisang di indonesia

tipspetani.blogspot.co.id

Pisang kalidoni yang terdapat di Jawa Tengah merupakan jenis pisang yang dibawa oleh para pekerja Indonesia dari New Calidonia di Pasifik. Pisang ini bonggolnya dapat dimakan dan rasanya seperti ubi talas.

Sejak dahulu, nenek moyang kita telah menggunakan tanaman pisang untuk keperluan sehari-hari, seperti :

  1. Ketika membangun rumah dan pekerjaannya sampai pada taraf naik kap, biasanya diatas wuwungan rumahnya digantung setandan buah pisang.
  2. Untuk landasan atau bantal memandikan mayat biasanya digunakan batang pisang.
  3. Pohon pisang selalu digunakan sebagai pelengkap peralatan upacara perkawinan.
manfaat bertanam pisang bagi kehidupan

studiopelangi.net

Tumbuhan pisang di Asia ditemukan beberapa abad sebelum Masehi dan para ahli sejarah menanamkan sebagai Musa Paradisiaca. Nama ini diambil dari dokter Antonius Musa yang bekerja sebagai dokter pribadi Kaisar Oktavius Agustus yang selalu makan buah pisang untuk kesehatannya atas anjuran Musa.

Jenis-jenis pisang yang ada di Indonesia sangat banyak di perkirakan ada 80 jenis. Jenis pisang yang ada di Indonesia dan terkenal ke seluruh dunia seperti pisang ambon, dengan nama Grasmichel, pisang badak (Cavendish), pusang susu (Lady Finger).

gambar bertanam pisang mas dan pisang raja

malaysiavegetarianfood.com

 

B. Penggolongan Jenis-Jenis Pisang

Jenis-jenis pisang diseluruh dunia dibagi menjadi 3 golongan besar :

bertanam aneka jenis pisang

duniatumbuhanq.com

  1. Musa Paradisiaca Var Sapientum Dan Musa Nona L Atau Musa Cavendishi

Pisang dari jenis ini buahnya bisa dimakan setalah masak. Yang termasuk golongan pisang ini ialah pisang mas, pisang ambon lumut, pisang ambon bodas, pisang raja, pisang susu, pisang ampyang, pisang lilin, dan pisang badak.

bertanam jenis pisang ambon

tipssehatkeluargabunda.blogspot.com

  1. Musa Paradisicia Formatypisa

Pisang jenis ini buahnya dapat dimakan setelah direbus atau digoreng. Yang termasuk golongan pisang ini adalah pisang kepok, pisang menggala, pisang tanduk, pisang usuk, dan pisang kapas

ontoh bertanam pisang kepok

tanamanhiasan.com

  1. Musa Brochcarpa

Pisang jenis ini berbiji seperti pisang batu dan pisang kelutuk. Pisang batu merupakan jenis pisang yang cukup unik karena hampir seluruh isinya dipenuhi dengan biji seperti batu. Daging buah dari pisang ini cukup sulit untuk dimakan karena banyaknya biji batu yang terdapat didalamnya.

bertanam jenis pisang batu

bloggerarta.blogspot.co.id

 

C. Struktur Tanaman Pisang

Tanaman pisang merupakan tumbuhan berumpun. Setiap batangnya biasanya bertunas-tunas dalam waktu satu sampai satu setengah bulan sekali. Jika ingin tanaman pisang produktif, maka dalam setiap rumpun dibatas hanya 3 sampai 4 batang saja, selebihnya dipindahkan.

  1. Akar Pisang

Akar tanaman pisang  merupakan jenis akar serabut yang mempunyai akar-akar rambut halus dan sangat banyak. Akar yang tumbuh di bongol pisang bagian bawah panjangnya kurang lebih 0,75 meter sampai 1,5 meter, lalu tumbuh kesamping bonggol yang panjangnya 4 sampai 5 meter.

  1. Umbi Pisang Atau Bonggol Pisang

Bonggol pisang dapat dibagi menjadi dua yaitu: bonggol bagian dalam dan bonggol bagian luar. Pada bonggol dalam terdapat titik tumbuh buah pisang dan kambium. Diatas bonggol bagian dalam terdapat sebagian umbi bagian luar dan tempat tumbuhnya pohon.

Bonggol bagian luar menjadi tempat tumbuhnya akar dan tunas-tunas pisang baru. Letak bonggol pisang sebaiknya jangan kurang dari 10 cm dibawah permukaan tanah. Tanaman pisang yang umbinya berada diatas permukaan tanah disebut pisang nyandi.

Tanaman pisang yang bonggol atau umbinya nyandi, biasanya akan tumbuh kurus dan sebagian akar-akarnya berada dipermukaan tanah. Pisang seperti itu biasanya mudah sekali roboh jika ditiup angin.

  1. Batang Pisang

Batang pada tanaman pisang bukanlah batang asli melainkan batang semu. Dibagian dalam batang terdapat hati pisang yang ditutupi gedebok-gedebok yang tersusun saling tutup menutupi.

struktur batang dalam bertanam pisang

warasfarm.wordpress.com

Gedebok-gedebok pisang selain mengandung air tetapi juga mengandung serat-serat pisang yang panjang dan kuat. Dibagian atas gedebok pisang tumbuh pelepah pisang lengkap dengan daunnya. Pelepah pisang panjangnya lebih dari panjang daunnya.

  1. Daun Pisang

Daun pisang memiliki bentuk meruncing dan disebelah ujungnya merata. Bentuk daunnya semakin ke ujung semakin kecil dan menyempit. Bagian luar daun pisang licin seperti lilin.

struktur daun dalam bertanam pisang

pixabay.com

Bagian tepi daun pisang berbingkai tipis dan lemah, sehingga ada umumnya mudah robek bila tertiup angina yang agak kencang. Sampai saat ini daun pisang banyak digunakan sebagai pembungkus makanan.

  1. Bunga Dan Buah Pisang

Tanaman pisang memiliki bunga yang sangat banyak. Bunganya majemuk tangkainya panjang, kuat dan bulat. Daun pelindungnya disebut seludung bunga yang warnanya kecoklatan dan agak merah, letaknya saling menutupi antara satu dengan yang lain.

gambar bunga pisang

pixabay.com

Bunga pisang terkumpul menjadi satu kesatuan yang disebut otong pisang. Biasanya 50% dari otong pisang akan menjadi buah sempurna dan selebihnya akan gagal menjadi buah dan sebaiknya segera dipotong.

Buah pisang yang melekat pada sisir pisang dinamakan setandan pisang. Banyaknya sisiran dan besarnya masing-masing bah pisang tergantung dari:

  1. Jenis varietasnya.
  2. Subur atau tidaknya tanah yang ditanami.
  3. Pemupukan dan penyiramannya.
  4. Keadaan iklimnya.
  5. Kecepatan tumbuhnya tanaman.
  6. Pemilihan bibit.

Pada umunya tanaman pisang akan berbuah setelah tanaman pisang berumur 12 sampai 18 minggu. Buah pisang akan tua dan masak setelah berumur 3 sampai 4 bulan.

umur bertanam pisang untuk dipanen

pixabay.com

Sisiran paling atas buah pisang biasanya besar-besar, tetapi semakin keujung akan semakin kecil. Sisiran buah pisang yang teratas biasanya lebih cepat tua atau lebih cepat masak daripada sisiran buah pisang dibawahnya.

D. Kegunaan Tanaman Pisang

Tanaman pisang adalah tanaman yang serba guna, karena hampir dari semua bagiannya sangat berguna bagi kehidupan manusia. Apa saja kegunaan tanaman pisang? simak ulasannya berikut ini!

  1. Batang Pisang

Batang pisang sebagian besar terdiri dari lapisan-lapisan pelepah pisang yang membentuk dirinya menjadi batang pisang. Disebelah dalam batang pisang terdapat hati batang pisang yang lunak.

Pelepah pisang yang muda dapat digunakan sebagai bahan pembungkus temabakau, pembungkus gula aren atau gula jawa. Gedebok pisang yang muda dapat dibuat tali pasar.

Didaerah pedalaman Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera banyak petani membawa hasil buminya kepasar dengan kendaraan rakit yang terbuat dari susunan batang pisang dan ditumpangi barang berkwintal-kwintal bahkan berton-ton beratnya.

kegunaan bertanam batang pisang

nelipurwani.blogspot.co.id

Batang pisang juga bisa digunakan sebagai pelampung guna memudahkan berenang disungai-sungai besar. Didesa-desa banyak petani membuat bendungan-bendungan darurat dengan menggunakan batang pisang.

  1. Bonggol Pisang

Dimusim paceklik, bonggol pisang dapat digunakan sebagai makanan manusia dan ternak. Didesa-desa yang tidak terdapat kulkas, bonggol pisang bisa digunakan sebagai penyimpan obat suntik.

kegunaan bertanam bonggol pisang

ifestyle.okezone.com

  1. Ontong Pisang

Bagian ontong yang sebelah ujungnya tak akan jadi buah lagi, maka sisa ontong harus dipotong. Sisa ontong masih bisa digunakan sebagai bahan sayur mayur lalapan matang seperti gado-gado, pecel, sayur bening, rujak gobed dan lain-lain.

manfaat bertanam ontong pisang

khasiatpokokherba.com

  1. Daun Pisang

Daun pisang yang sangat muda dapat digunakan sebaga sayur mayor dan bahan obat-obatan. Selain itu, daun pisang yang masih muda dapat digunakan sebagai pembungkus berbagaimacam makanan dan kue-kue.

bertanam daun pisang untuk pembungkus makanan

kuliner.panduanwisata.i

Daun pisang yang agak tua dapat juga digunakan sebagai pembungkus makanan, sebagai makanan ternak, sebagai pembungkus barang dan juga digunakan sebagai kompos.

  1. Buah Pisang

Buah pisang yang muda dapat digunakan sebagai bahan makanan manusia dan ternak. Buah pisang yang tua dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti bahan tepung pisang, bahan keripik pisang, dibiarkan sampai matang dimakan sebagai buah, bahan pembuat sale, dan untuk campuran pembuatan kue.

bertanam pisang untuk olahan makanan

prelo.co.id

E. Bibit Menanam Pisang

Untuk memperbanyak tanaman pisang biasanya digunakan tunas-tunas pisang yang berasal dari induk pisang yang telah dewasa. Menurut wujudnya, tunas pisang dapat dibagi menjadi 3 macam:

  1. Tunas pisang yang pertumbuhannya sedang dan bentuknya runcing seperti tombak, daunnya sempit, batangnya cepat tinggi. Tunas pisang ini jika digunakan sebagi bibit akan menjadi tanaman pisang yang baik.
  2. Anak pisang yang tumbuhnya cepat, berdaun agak lebar. Tunas pisang semacam ini biasanya disebut tunas air. Tunas pisang yang kurang baik, jika digunakan sebagai bibit maka hasinya lebih kecil dibandingkan bibit pisang yang bentuknya runcing.
  3. Tunas pisang yang lebih cepat tumbuhnya dari pada nomor satu dan nomor dua diatas, pisang ini lebih cepat lagi membentuk daun yang lebar, bibit pisang seperti ini biasanya dianggap tunas air.

Tunas pisang seperti nomor tiga kurang baik bila digunakan sebagai bibit dan hasil buahnya lebih kecil bila dibandingkan dengan bibit yang berbentuk tombak.

bibit untuk bertanam pisang

mutiaratani.com

Macam-macam bentuk tunas pisang

  1. Tunas pisang berbentuk tombak.
  2. Tunas pisang tunas air berdaun sedang.
  3. Tunas pisang tunas air berdaun lebar.

Tunas pisang yang akan dipakai sebagai bibit tanaman baru ialah tunas pisang yang tingginya antara 100 cm sampai 150 cm.

F. Syarat-Syarat Menanam Pisang

Adapun syarat-syarat agar tanaman pisang dapat tumbuh dengan baik diantaranya:

1. Iklim

Tanaman pisang dapat tumbuh didaerah tropis. Hampir semua pulau di Indonesia telah ditumbuhi berbagai jenis pisang, baik yang ditanam oleh penduduk maupun yang hidup secara liar. Dalam pertumbuhannya, pisang memerlukan iklim yang sedang atau panas

2. Tanah

Pisang dapat tumbuh ditanah kering tanpa memilih jenis tanahnya. Jika pisang ditanam ditanah yang subur, gembur dan ditempat terbuka, tentu akan mengasilkan buah pisang yang berkualitas baik.

3. Daerah penanaman

Tanaman pisang akan tumbuh didaerah tropis atau sub tropis yang ketinggiannya antara 0-1000 m di atas permukaan laut. Ada juga jenis pisang yang mampu tumbuh diatas tanah yang ketinggiannya 1000-2000 m seperti pisang emas dan badak.

4. Curah hujan dan air

Menurut TERPA, tanaman pisang akan tumbuh didaerah yang Curah hujannya optimal antara 1520 sampai 3800 mm setahunnya selama 2 bulan kering.

Curah hujan dalam satu tahun harus di imbangi dengan keadaan air dan tanah dan curah hujan dalam setahun terus menerus basah harus di imbangi dengan air dalam tanah 50 cm sehingga sangat dalam.

Curah hujan antara 9 sampai 12 bulan basah dan 1 sampai 2 bulan kering di imbangi dengan air dalam tanah antara 50 sampai 200 cm atau Kurang dari 7 bulan basah dan 4 bulan kering diimbangi dengan air dalam tanah antara 50 sampai 150 cm.

5. Angin

Untuk menghidari robeknya daun pisang oleh tiupan angina kencang, maka sebaiknya tanaman pisang dikelilingi pagar seperti pagar yang terbuat dari seng atau tembok.

G. Cara Menanam Pisang

Untuk menanam bibit pisang, maka perlu memperhatikan 2 faktor yaitu penyiapan bibit pisang dan persiapan penanaman bibit pisang.

Cara mendapatkan bibit pisang yang baik adalah memilih bibit seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Bibit yang siap ditanam harus bersih, bebas dari gangguan hama dan bebas dari penyakit.

bertanam pisang dengan bibit unggul

warungbibit.com

Persiapan penanaman pisang diantaramya:

1. Lubang Menanam Pisang

Kira-kira 2-3 minggu sebelum bibit pisang itu ditanam maka lubang-lubang penanaman yang berukuran 50 x 50 cm, 60 x 60 cm atau 70 x 70 cm harus sudah disiapkan. Setiap lubang harus diisi dengan pupuk organik yaitu pupuk kompos.

lubang tanah dan pupuk bertanam pisang

a3online.wordpress.com

Volume pupuk untuk setiap lubang kira-kira 20 kg. Pupuk organik selanjutnya dicampur dengan tanah galian bagian atas, kemudian didinginkan selama 2 sampai 3 minggu dilubang penanaman.

2. Jarak Penanaman Pisang

Jarak penanaman pisang yang baik minimal 5 meter dengan tanaman pisang yang lain. Bila kurang dari 5 meter, umumnya pertumbuhan daun akan menupuk dan berdesakan satu sama lainnya.

jarak pohon bertanam pisang

stomatahijau.blogspot.co.id

3. Cara Menanam Pisang

Tunas pisang yang berasal dari induknya ditanam agak dalam yaitu antara 20 sampai 30 cm dari permukaan tanah. Tanah disekitar bibit hendaknya dipadatkan atau diinjak-injak dengan kaki terlebig dahulu agar tumbuh pisangnya tegak lurus.

cara bertanam pisang yang benar

mangyono.com

Tinggi tunas pisang yang akan ditanam sebaiknya antara 1 sampai 1,5 meter dan daunnya yang lebar dan panjang sebaiknya dipotong. Setelah bibit ditanam, maka diatas lubang penanaman hendaknya diberi kompos yang sudah masak.

tanah yang bagus untuk bertanam pisang

tanamanbawangmerah.blogspot.co.id

4. Waktu Menanam Pisang

Penanaman pisang sebenarnya bisa dilakukan setiap waktu pada musim kemarau maupun musim hujan. Namun waktu yang terbaik adalah pada akhir musim kemarau, karean awal musim hujan tunas pisang akan tumbuh subur.

5. Penyiraman dan Pengairan Pisang

Dimusim kemarau sebaiknya tanaman pisang itu disiram minimal 2 kali dalam sebulan. Jika tanaan disiram setiap 2 minggu, maka tanah akan menjadi subur dan jika kurang dari itu maka produksi tanaman pisang akan menurun.

penyiraman dan pengairan tanaman pisang

inspirasipertanian.com

6. Penjarangan Tanaman dan Pemilihan Bibit

Rumpun pisang yang terlalu banyak anaknya tidak akan menghasilkan buah pisang yang baik sehingga harus dibatasi 3 batang saja setiap rumpun. Tunas pisang dipilih dari bibit pisang yang sehat dan berbentuk tombak.

7. Penggemburan Tanah dalam Menanam Pisang

Tanah disekitar tanaman pisang harus selalu dalam keadaan gembur, subur, dan lembab. Tanah harus diberi pupuk kompos setiap 6 bulan sekali dan ketika mengerjakannya akar-akar tanaman tidak boleh terkena cangkul.

Disekitar tanaman pisang harus bersih dari rumput atau tumbuhan lain agar penanaman pisang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

H. Pemupukan Tanaman Pisang Dengan Pupuk Pabrik

Pupuk organik seperti pupuk kandang, pupuk hijau dan pupuk kompos memang sngat baik untuk menyuburkan tanah bopisang. Akan tetapi zat yang dikandungnya sedikit sekali, paadahal tanaman pisang sangat menyerap makanan dari dalam tanah.

Setiap hektar kebun pisang rata-rata menghisap zat-zat dari dalam tanah seperti zat N sebanyak 94,1 kg, fosfat sebanyak 25,1 kg, kalium sebanyak 304 kg, dan kapur sebanyak 114,3 kg.

Pengisapan zat-zat makanan yang begitu banyak harus segera digantikan dengan pupuk pabrik yang memadai. Setiap rumpun pisang perlu diberikan pupuk NPK sebanyak 300 gram setiap 6 bulan sekali.

pemberian pupuk dalam bertanam pisang

dasarpertanian.blogspot.co.id

Setiap hektar kebun pisang perlu diberi pupuk pabrik yaitu: urea 112 sampai 225 kg, pupuk superfosat 375 sampai 862 kg, dan kalium 270 sampai 540 kg. Jika tanaman berusia 2 sampai 3 bulan, maka perlu diberi pupuk urea sebanyak 50 gram setiap bibitnya sedalam 3 sampai 5 cm.

Menaruh pupuk juga tidak boleh terlalu dekat tetapi sekitar 20 cm jauhnya dari bibit pisang. Jika tanaman sudah berumur 6 bulan, maka perlu diberi pupuk urea sebanyak 100 gram setiap pohonnya dengan jarak 30 cm dari pohon pisang. Sebaiknya ditambah pupuk kompos sebanyak 20 kg setiap pohonya.

Ketika tanaman pisang berumur 1 tahun dan sudah tumbuh tunas baru, maka rumpun pisang perlu diberi NPK sebanyak 300 gram. Caranya gali tanah disekitar rumpun pisang kemudia taburkan NPK lalu siram dengan air dan ditutup tanah gembur.

Selanjutnya setiap 6 bulan sekali, rumpun pisang yang sudah jadi dirabuk dengan NPK sebanyak 300 gram setiap rumpunnya, jangan lupa memberi pupuk organik setiap 6 bulan sekali minimal 30 kg setiap rumpunnya.

I. Cara Memanen Pisang

Pada dasarnya, waktu terbaik memanen pisang sangat bergantung kepada tujuan dan kepentingan petani. Buah pisang yang digunakan untuk tepung pisang yaitu buah pisang yang umur buahnya kira-kira 80 hari. Buah pisang yang digunakan untuk pisang sale ialah buah pisang yang dipanen dalam keadaan tua atau mulai masak.

Sedangkan buah pisang yang digunakan untuk dijual kepasar yang jaraknya jauh, harus dipilih buah yang sudah benar-benar tua, tetapi kulit dan isinya masih keras. Buah pisang yang dikirmkan kedaerah yang jaraknya jauh umurnya berkisar antara 90 hari sampai 100 hari sejak munculnya buah pisang, serta dikirim beserta tandannya.

bertanam dan memanen pisang

galerigambar68.blogspot.co.id

Hal itu akan mengurangi resiko kerusakan dala perjalanan. Buah pisang yang digunakan untuk pasaran lokal sebaiknya dipanen dalam keadaan yang hampir matang. Biasanya buah pisang ini berumur kira-kira 110 hari.

bertanam dan mengirim tandan pisang

pixabay.com

Untuk mempercepat masaknya buah pisang, banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya:

  1. Mengempos dengan karbit, yaitu memberikan segumpal karbit yang telah dibungkus dengan karung goni basah kepada sisiran buah pisang yang telah disusun dalam lubang yang dalamnya kurang dari satu meter. Kemudian lubang ditutup tanah selama 2 sampai 3 hari.
  2. Mengempos dengan sampah, yaitu tandanan pisang setelah dimasukkan kedalam lubang dan diuruk tanah sampai padat kemudian kita masukkan asap bakaran sampah dari luar lubang. Diamkan selama 3 hari.
  3. Ditimbun gabah padi, agar pisang yang sudah tua dapat segera masak.

J. Hama Penyakit Tanaman Pisang

Meskipun tidak berakibat fatal, hama yang telah menyerang tanaman pisang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas produksi pisang. Bila terdapat hama hendaknya segera di tanggulangi atau diberantas.

1. Penyakit Karena Kekurangan Makanan

Tanaman pisang di Indonesia pertumbuhannya tidak terpelihara dengan baik, sehingga tanaman mudah dihinggapi penyakit yag diakibatkan karena kekurangan makanan. Penyakit pisang yang kekurangan makanan disebut defisiensi. Penyakit ini diakibatkan kekurangan  zat N yang menyebabkan daun pisang yang muda dan tua serta pelepahnya menjadi kekuning-kuningan.

Selain zat N, penyakit defisiensi juga disebabkan karena kekurangan posfat dan Kalium. Tanaman yang kekurangan posfat akan mengakibatkan daunnya berwarna kemerahan kemudian menjadi hitam. Sedangkan tanaman yang kekurangan kalium daunnya berubah warna menjadi kekuningan dan selanjutnya akan mongering, terlebih dimusim kemarau.

2. Hama Tanaman Pisang

Hama tanaman pisang seperti hama ulat pijar, bekicot, ulat daun, penggerek bonggol pisang, dan hama nematoda (cacing perusak akar). Cara memberantasnya yaitu dengan cara menyemprotkan insektisida secukupnya, karena jika terlalu banyak bisa berdampak pada daun tanaman pisang.

hama ulat bulu dalam bertanam pisng

denisamillenia.blogspot.co.id

3. Penyakit Tanaman Pisang

Jenis penyakit tanaman pisang seperti penyakit pucuk, penyakit layu, penyakit bintik daun, cendawan fusarium oxysporium cubause, serta bakteri pseudomonas.

Penyakit pucuk biasanya banyak ditemukan di luar negeri. Penyakit ini berbentuk virus dengan perantara kutu daun. Jika terserang virus kutu daun, tanaman pisang akan cepat mati. Jika terkena virus ini sebaiknya tanaman dibongkar dan dikubur.

Penyakit layu disebabkan oleh bakteri bacillus solanacearum yang mengakibatkan daun pelepahnya berwarna kekuningan atau sawo matang. Penyakit ini banyak ditemukan pada tanaman pisang di Afrika, dan sebaiknya tanaman segera di bakar.

Penyakit bintik daun berasal dari jamur cersospramusae yang menyerang tanaman pisang di pulau Jawa. Virus ini mengakibatkan daun pisang berbintik kuning yang semakin lama semakin luas.

Penyakit cendawan fusarium banyak ditemukan di kebun-kebun pisang amerika serikat. Cendawan ini mengakibatkan daun pisang layu dan lapuk. Selain daun, cendawan juga bisa menyerang bonggol pisang.

Sedangkan bakteri pseudomonas banyak ditemukan pada tanaman pisang di pulau Sulawesi. Penyakit ini mengakibatkan daun bergaris kuning kecoklatan. Buahnya mengeluarkan getah yang berwarna merah seperti darah sehingga disebut penyakit darah.

K. Kandungan Buah Pisang Dan Peranannya Di Berbagai Industri

Menurut Home Economic Departement Fruit Dispatch Coy, rata-rata dalam 100 gram buah pisang matang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan B2, Natrium, Kalium, Mangan, Besi, Belerang, Kalium, Magnesium, Fosfor, Yodium, dan Khlor.

kandungan zat buah pisang

pixabay.com

Selain itu, buah pisang juga mengandung kadar air, dextrose, levulose, sucrose, zat tepung, zat putih telur, lemak, mineral, dan serat kasar. Contoh usaha industry yang menggunakan bahan baku dari pisang diantaranya:

1. Tepung Pisang

Tepung pisang sebenarnya belum begitu popular di Indonesia. Tetapi di luar negeri dan dinegara maju, tepung pisang sudah digunakan sebagai bahan baku industry.

industri tepung pisang

tokopedia.com

Menurut penelitian, pisang yang bagus digunakan untuk pembuatan tepung pisang ialah pisang kepok yang umur buahnya kira-kira 80 hari. Buah semacam ini kulit buahnya masih hijau, isi buahnya hampir tua, lalu diambil aci/endapan pisangnya.

Setelah diambil acinya, maka aci dijemur dipanas matahari atau oven sampai kering. Tepung pisang biasanya warnanya tidak akan seputih tepung terigu, tetapi agak kecoklatan. Untuk memutihkannya beri garam bisulfit secukupnya (sulfirisasi).

2. Pisang Sale

Pisang sale adalah produk buah pisang yang dikeringkan atau diasap. Pisang yang dibuat sale adalah pisang yang mengandung karbohidrat cukup tinggi misalnya pisang raja, pisang mas, pisang ambon, dan pisang susu.

Rasa manis dipisang sale disebabkan oleh beberapa macam gula. Zat pati yang telah terhidrolisa menjadi gula sederhana oleh enzyme pemecah pati. Zat pati itu hilang pada waktu pengeringan sehingga kadar gula dalam pisang menjadi naik dan rasa manisnya bertambah.

pisang sale olahan bertanam pisang

primarasa.co.id

Buah pisang yang baik digunakan untuk membuat pisang sale adalah buah pisang yang dipanen dalam keadaan tua dan masak sempurna. Pisang yang sudah masak sempurna dikupas sampai bersih kemudian dijemur selama 5 hari berturut-turut dan dibalik 2 sampai 4 kali.

Setelah 5 hari dikeringkan, maka pisang sale setengah jadi di pres sampai pipih hingga tebalnya menjadi 1 sampai 1,5 cm. setelah menjadi pisang sale yang sempurna, maka pisang diembunkan pada dinihari dalam tempo 3 sampai 4 hari.

Pisang sale yang siap dipasarkan dibungkus dengan daun pisang kering, untuk menghindari tumbuhnya jamur. Pisang sale bisa disimpan berbulan-bulan sehingga dapat didagangkan diluar negeri/ekspor/

3. Keripik Pisang

Jenis pisang yang baik untuk bahan pembuatan keripik adalah jenis pisang Musa Paradisisaca Nomalis, seperti pisang kepok, pisang saba, pisang tanduk, dan pisang nangka. Pisang ini harus pisang tua, mentah, dan keras. Pisang mentah yang sudah tua dikupas lalu dicelupkan kedalam air dengan campuran sodium bisulfit 500 ppm selama 15 menit.

Setelah itu pisang diiris-iris memanjang yang tebalnya antara 0,1 sampai 0,2 cm. Pisang tersebut selanjutnya dimasukkan kedalam air yang mendidih selama 30 menit kemudian dipindahkan keair dingin selama 1 menit saja. Irisan pisang tersebut lalu digoreng sampai menjadi keripik matang.

bertanam pisang untuk keripik pisang

pixabay.com

Jika keripik pisang tidak diberi garam atau gula, maka keripik pisang itu sebelum dimasukkan ketoples atau kedalam plastik harus diangin-anginkan sampai benar-benar dingin.

Sebagian besar tanah Indonesia ternyata sangat memenuhi syarat untuk ditanami pisang secara besar-besaran. Jika tanaman pisang dipelihara secara intensif seperti di luar negeri, maka negara kita mampu mengekspor buah pisang dan tepung pisang secara besar-besaran.

Perlu diketahui bahwa negara-negara Amerika Tengah dan Amerika Selatan sudah mempunyai gudang-gudang penyimpan pisang dan armada atau kapal untuk kepentingan ekspor pisang dari negaranya.

 

 

Add Comment