Cara Perawatan Kesehatan Hewan Ternak

Cara Beternak Yang Sehat. Untuk mendapatkan ternak yang baik diperlukan perawatan kesehatan yang baik, dan peternak harus tahu cara beternak yang sehat. Perawatan sebaiknya dilakukan secara rutin agar hasilnya memuaskan.

penjelasan Cara Beternak Yang Sehat

pixabay.com

Perawatan kesehatan ternak harus punya kebiasaan-kebiasaan yang baik. Kebiasaan-kebiasaan itu seperti: membersihkan kandang, memandikan ternak, memotong kuku, mencukur bulu, kebersihan peralatan, pemberian makan berkualitas, pemotongan ekor ternak, pencegahan penyakit ternak.

Langkah-langkah dalam penanganan kesehatan hewan ternak:

1. Cara Beternak Yang Sehat Dengan Pencukuran Bulu

Pencukuran bulu yang baik dilakukan secara teratur, sebab bulu kotor dapat menjadi sarang penyakit. Khusus untuk ternak domba, bulunya dicukur sekurang-kurangnya 2 sampai 3 kali dalam satu tahun dan penukuran mulai dilakukan setelah ternak berumur setengah tahun.

Cara Beternak Yang Sehat pencukuran bulu

pixabay.com

Guntung adalah peralatan yang digunakan untuk mencukur bulu ternak. Ternak dimadikan terlebih dahulu agar tidak gimbal dan agar mudah dicukur. Pencukuran diawali dari bagian perut menuju bagian depan sejajar dengan punggung ternak. Sisakan rambut ternak panjangnya kira-kira 0,5 cm.

2. Cara Beternak Yang Sehat Dengan Pemotongan Kuku Ternak

Agar tidak menjadi sarang penyakit seperti bibit cacingan, maka kuku ternak juga perlu dipotong secara rutin. Rongga dibawah kuku yang panjang akan menjadi sarang kotoran bersama kuman.

Cara Beternak Yang Sehat pemotongan kuku

pixabay.com

Selain itu, kuku yang panjang dapat mengganggu jalannya ternak, mengakibatkan infeksi jika patah, menyebabkan kesulitan saat kawin pada ternak jantan.

Kuku yang panjang juga menjadi keras sehingga menyulitkan jika akan memotong kuku ternak tersebut. Cara memotong kuku dengan mengikat leher ternak pada pohon tambang dengan jarak yang dekat sehingga tidak dapat bergerak. Lipat sendi lututnya lalu potong kukunya.

3. Memandikan Ternak

Sebaiknya ternak dimandikan agar bebas dari kuman penyakit (seperti kuman berupa jamur) dan untuk menghindari bersarangnya penyakit pada tubuh ternak. Ternak dimandikan minimal seminggu sekali.

Cara Beternak Yang Sehat ternak dimandikan

pedulipancasila.web.id

Air yang digunakan untuk memandikan ternak tentu air yang bersih dan diberi sabun serta disikat kemudian ternak dijemur agar bulunya menjadi kering kembali.

4. Pemberian Makan Yang Bermutu

Untuk menghasilkan ternak yang sehat dan berproduksi tinggi diperlukan makanan bergizi. Ada beberapa gejala yang menunjukkan ternak kekurangan gizi, yaitu kondisi badannya melemah, mudah terserang penyakit, reproduksi melambat, dan badannya kurus.

memberi pakan Cara Beternak Yang Sehat

masbidin.net

5. Kebersihan Kandang Dan Lantainya

Tujuan membersihkan kandang dan lantainya adalah agar kandang tidak menjadi sarang bibit penyakit, tidak mudah rusak atau lapuk, tempat makan dan minum ternak tidak menjadi sarang nyamuk.

kebersihan kandang Cara Beternak Yang Sehat

ternaksehat.com

Selain itu agar ternak terbebas dari infeksi kuman yang bisa mengakibatkan ternak sakit, pertumbuhannya lambat, banyak ternak yang mati, produktifitasnya rendah.

Untuk menjaga kebersihan kandang dan mengurangi menumpuknya kotoran pada lantai atau kolong kandang maka sebaiknya dibersihkan setiap seminggu sekali dengan cara mengumpulkan kotoran ternak dalam lubang tanah dan memanfaatkannya sebagai pupuk kandang.

Add Comment