Penjelasan Lengkap 4 Kriteria dan 7 Ciri-Ciri Lelaki Sholeh Idaman Wanita

Laki-laki Sholeh – Setiap insan pasti sangat menginginkan pasangan yang baik. Begitu juga semua orang menambakan hidup yang bahagia. Apalagi jika seseorang yang baik itu adalah pasangan hidup kita.

Sebagaimana manusia biasa, lelaki tentu ingin mendapatkan istri yang baik berdasarkan kriterianya. Dan begitu juga wanita ingin lelaki yang dapat menjaga, melindungi dan memperhatikannya.

Ukuran kebahagian itu terletak pada pribadi masing-masing orang. Tidak jarang kita melihat pasangan suami istri yang secara kasat mata memiliki perbandingan yang jauh.

Misalnya saja wajah atau penampilan fisik lainnya. Tapi itulah kebahagiaan. Tidak memiliki standar yang baku, melainkan hanya ditentukan oleh pribadi masing-masing.

Dengan begitu sangat sulit bagi kita untuk menyampaikan kriteria lelaki baik apa saja yang bisa membuat wanita bahagia. Mengingat hal ini merupakan suatu hal yang krusial. Sebab banyak kita lihat saat wanita menikah dengan seorang laki-laki dia mengaku tidak bahagia.

Maka dari itu wanita harus bisa memastikan bahwa yang dicintainya itu harus benar-benar memiliki kriteria berikut ini:

1. Lelaki Sholeh yang Bagus Agamanya

lelaki yang baik

pixabay.com

Seorang wanita selayaknya memandang pria itu jangan hanya dari tampilan fisiknya saja. Tetapi ada yang lebih penting yaitu agamanya.

Karena dalam menjalin ikatan pernikahan yang diinginkan adalah keutuhan dan keharmonisan bukan nafsu syahwat saja. Baca juga tips menjaga keharmonisan rumah tangga

Dengan bagusnya agama maka seorang lelaki tersebut senantiasa akan memperbaiki akhlaknya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berpesan, “Apabila ada orang yang kalian ridha agama dan akhlaknya, dan meminang putri kalian, maka nikahkanlah dia. Jika tidak akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.  (HR. Tirmidzi, hasan).

Seorang lelaki yang baik agamanya. Maka dia akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Dia yakin bisa menghadapi masalah yang ia miliki. Kriteria lelaki seperti inilah yang sangat paham mengenai apa yang mesti dilakukan dalam hidupnya.

Agama yang bagus merupakan suatu standar dalam memilih pasangan. Dengan bagus agama maka sifat jujur akan senantiasa melekat pada setiap tindakannya. Dia akan melakukan apa adanya.

Baca: Kak, Aku Sering Merasa Iri Sebab Bunda Lebih Sering Curhat Masalah Apapun Ke Kakakku

2. Lelaki Sholeh yang Lembut Perangainya

lelaki sholeh

pixabay.com

Pria yang lembut perangainya adalah kriteria suami idaman setiap istri. Dengan perilaku lemah lembut kepada wanita maka keharmonisan yang nantinya akan dijalin melalui suatu ikatan pernikahan akan harmonis. Sehingga keharmonisan membina rumah tangga yang diinginkan dapat tercapai.

Sebagiamana Rasululullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya kelembutan menyertai sesuatu maka dia akan menghiasinya dan tidaklah kelembutan itu dicabut dari sesuatu, melainkan akan semakin memperburuknya. (HR. Muslim)

Lelaki dengan kriteria ini secara langsung akan memposisikan wanita ibarat ratu. Ia akan menghormati dan menjaga tutur katanya dihapan anda. Begitu juga saat nanti ia telah menjadi suami anda, maka dia akan mengurus anda jika anda sedang jatuh sakit.

Baca: 20 Lebih Penyebab Rambut Rontok Lengkap Dengan Studi Kasus

3. Lelaki Sholeh yang Tanggung Jawab & Perhatiaan yang Tinggi Terhadap Keluarga

laki-laki baik

pixabay.com

Makana tanggung jawab yang dimaksud adalah bagaimana seorang lelaki itu dapat memenuhi setiap tugas yang diberikan kepadanya. Apakah itu tugas di tempat kerjanya atau tugas yang mendisiplinkan dirinya.

Sehingga jika seorang wanita memilih pasangan hidupnya. Dia tidak akan ragu menjalin kehidupan rumah tangga. Karena seorang pria yang bertanggung jawab, dia akan paham posisi dan pandai menempatkan perhatian kepada istri.

Standar umum yang dapat kita jadikan acuan untuk melihat seorang lelaki itu memiliki perhatian yang tinggi terhadap keluarga adalah dengan melihat hubungannya dengan orangtua.

Apabila ia memiliki hubungan yang baik kepada orangtua terkhusus ibu maka bisa dijamin lelaki semacam ini siap dijadikan calon pedamping bagi wanita.

Begitu juga dengan perhatiannya kepada anak-anak. Apakah ia merasa risih jika dekat dengan anak-anak. Atau malah merasa senang. Ia ajak bermain, menggendong dan bersenda gurau. Karena ini merupakan modal bagi wanita, untuk mencari calon ayah untuk anak-anaknya nati.

Baca: Kisah Nyata Islami: Haruskah Ada Rasa Cinta Saat Pernikahan

4. Lelaki Sholeh yang Berpenghasilan Cukup

pria soleh

pixabay.com

Dalam membangun bahtera tentu sangat membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bukan berarti membangun rumah tangga itu ya apa adanya. Ini merupakan hal yang keliru.

Seorang calon wanita selayaknya memilih pasangan itu yang telah memiliki penghasilan yang cukup. Arti cukup disini adalah dapat memenuhi kebutuhan pokok di rumah.

Tidak ada yang salah bagi wanita jika memilih pasangan punya penghasilan yang mapan. Karena membangun rumah tangga, seorang pria harus berpikir dan memiliki rencana-rencana ke depan yang jelas.

Rasululullah shallallahu ‘alaihi wasallam sangat memperhatikan hal ini, sampai-sampai ada riwayat yang menyarankan Fatimah untuk menikah dengan seseorang yang berpenghasilan cukup.

Ciri Lelaki Sholeh Menurut Islam

Lelaki Sholeh – Kalau pembahasan diatas mengenai kriteria suami sholeh untuk dijadikan psangan hidup wanita, maka pembahasan dibawah ini lebih mengarah kepada  gambaran atau  ciri-ciri laki-laki baik/sholeh dipandang dari kacamata  islam . Berikut pennjelasannya:

1. Kuat Aqidahnya, Baik dan Bagus Agamanya.

Aqidah dan Agama

berkahkhair.com

Sebagaimana pembahasan diatas mengenai kriteria laki-laki sholeh atau biasanya anak muda sekarang lebih akrab  dengan sebutan cowo soleh panutan bagi wanita maka, pembahasan kali ini lebih mengarah kepada ciri lelaki sholeh.

Sebenarnya apa yang menjadi tolak ukur lelaki sholeh menurut islam. Ya, aqidah yang lurus dan agama yang bagus tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Sebab dengan menjalan agamanya seorang pria akan menjadi panutan yang baik bagi orang lain ditambah lagi panutan bagi keluarganya.

Menjalankan shalat fardhu, menjauhi segala bentuk kesyirikan, berjamaah di mesjid merupakan ciri lelaki sholeh yang nantinya insyaAllah akan mengantarkan dirinya, istrinya dan keluarganya menuju surga Allah.

Baca: Ya Akhi, Tiada Solusi Bagi Sepasang Insan yang Mencintai Selain Menikah

2. Pengayom dan Penyantun

Lelaki Pengayom Keluarga

dailymoslem.com

Lelaki yang baik – tipe lelaki yang pengayom dan penyantun akan senantiasa berusaha membahagiakan orang yang disekitarnya. Kata-kata yang diucapkan oleh laki-laki sholeh tidak mencela jika melihat keburukan orang. Ia akan selalu  mendoakan kebaikan bagi orang lain.

Jika ia telah berkeluarga maka ia akan berusaha mencukupkan kebutuhan istrinya, anak-anaknya. Dalam mengahdapi persoalan hidup ia tidak pernah merasa khawatir.

Sebab rezeki itu datang dari Allah, kita hanya cukup berusaha, berikhtiar dan terus berdoa. Rezeki setiap orang sudah diatur Allah dan tidak akan mungkun tertukar.

Dalam hadist shahih Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mencontohkan terkhusus bagi pria. Saat ditanya tentang apa yang dilakukan oleh Rasul di dalam rumah, Aisyah radhiallahu ‘anhamenjawab :

“Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam sebagaimana layaknya manusia pada umumnya, menjahit terompahnya, menambal pakaiannya, memerah susu kambingnya dan mengerjakan apa yang biasa dikerjakan oleh lelaki. Baru jika waktu shalat tiba, beliau keluar rumah.” (HR. Bukhari)

3. Berwibawa dan Pemurah

Lelaki romantis

statis.dakwatuna.com

Pria sholeh – Ciri keempat ialah berwibawa dan pemurah. Maksudnya ialah seorang pria sholeh ia tidak pelit memberikan apa yang dia punya terutama kepada keluarganya, istrinya dan anak-anaknya. Segala upaya ia bertanggung jawab dalam mencari nafkah untuk kebaikan keluarganya.

Walaupun ia tidak pelit dalam memberikan sesuatu tetapi ketika orang memandangnya maka, orang lain akan merasa segan dan menaruh hormat kepadanya.

Kehadirannya dibutuhkan banyak orang, sehingga jika ia jauh maka orang akan mencari sebab kebaikan yang dia miliki.

4. Tegas Memimpin Namun Lemah Lembut Terhadap Para Wanita

Lelaki naik penyanyang wanita

kompas.com

Ciri selanjutnya ialah dalam memimpin suatu jabatan tertentu ia tegas dalam koridor yang benar, namun terhadap para wanita terkhusus ibu ia berperangai lemah lembut.

Lelaki baik seperti ini, ia paham bahwa kedudukan orangtua sangat berharga di mata islam. Ia sadar karena mereka ia berhasil sampai sekarang ini.

Apabila ia telah berkeluarga, ia bersikap lugas, tidak lembek dalam menangi suatu perkara, bijaksana dan tidak berkhianat untuk menafkashi keuarganya.

Saat ditengah keluarga sikap lemah lembut ditunjukkan olehnya, seolah-olah kehadirannya tersebut adalah sosok yang penyayang dan pelindung bagi keluarganya.

5. Kuat Pendirian dan Memiliki Prinsip Hidup

prinsip hidup

hananan.files.wordpress.com

Kuat pendirian dalam arti tidak goyah dalam memberi keputusan dan bijak dalam menangani masalah. Ciri lelaki yang baik juga harus memiliki prinsip hidup yang terarah. Ia tahu apa yang akan dilakukan untuk hari ini dan kedepannya.

Dengan begitu banyak para wanita yang menginginkan model pria semacam ini. Karena selain memiliki pendirian yang kuat dan prinsip yang terarah. Apabila ia telah berkeluarga maka keluarga yang dibinanya akan merasa nyaman dan aman.

Baca: Benarkah Ini Dinamakan Cinta atau Euforia Semata?

6. Penyabar dan Pemaaf

Lelaki baik yang pemaaf

beritasatu.com

Ciri selanjutnya ialah penyabar dan pemaaf. Lalaki yang seperti ini akan berusaha menyikapi suatu persoalan dengan kepala dingi dan tidak tergesa-gesa. Jika adaa orang yang mencelanya baik itu depan atau dibelakang, ia akan berusaha memaafkan mereka.

Bahkan ia akan terus mendoakan orang tersebut diberi ampunan. Apabila ia telah berkeluarga, senantiasa memaafkan kesalahan istri, anak-anaknya karena lelaki semacam ini ialah suami teladan bagi kelaurganya.

7. Amanah

Lelaki yang amanah

squarespace.com

Ciri ketuju ialah bersikap amanah. Segala bentuk tugas yang  diberikan ia akan menjalankannya dengan penuh amanah. Ia tidak mau mengabaikan tugas yang diberikan dan juga sangat pantang baginya untuk menayalahgunakan  kekuasaan.

Dia sadar kekusasan yang dimilikinya ialah titipan yang kelak akan dipertanggungjawaban. Ia takut kepada Allah karena iaa tahu Allah Maha Melihat apa-apa yang dikerjakan hamba-Nya.

8. Cakap Memimpin dan Mendidik

Pemimpin yang baik

liputan6.static6.com

Sosok lelaki ini ialah pandai dalam memimpin, dengan kepemimpinannya para anggota akan merasa seolah-olah diayomi. Gertakan, ejekan dan bahkan sampai maki-makian sangat diperhatikan olehnya dalam memimpin.

Padangannya luas bahkan punya visi kedepan yang bagus terhadap apa-apa yang dipimpinnya. Apabila ia telah memiliki istri dan anak, ia berusaha mendidik dengan benar, menjauhi perkataan yang kotor.

Didikan yang diberikan oleh adalah didikan yang diajarkan oleh Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam. dengan begitu ia akan menjadi ikon panutan bagi keluarga kecilnya.

Baca: 10 Adab Malam Pertama yang Harus Diketahui Sepasang Pengantin Baru

9. Berakhlak yang Baik Saat di Dalam Maupun di Luar Ruangan

Lelaki akhluk kharimah

pendoasion.files.wordpress.com

Akhlak merupakan cerminan seseorang, jika akhlaknya baik maka orang tersebut baik secara umum, jika akhlaknya buruk maka kejelekanpun menjadi lebel untuk seseorang yang tidak bisa menjaga adabnya.Ini merupakan ciri terakhir dari 9 ciri lelaki yang sholeh.

Lelaki yang baik ialah ia memiliki perangai akhlak yang bagus. Tutur kata, sikap dan perilaku yang bagus, baik itu di dalam ruangan maunun di luar ruangan.

Apabila ia telah berkeluarga mampu menjaga sikap dihadapan istri dan anak-anaknya. Sosok lelaki semacam ini ialah suami idaman para istri.

Pada intinya lelaki yang sholeh ialah tajut karena azab Allah. Ia sadar bahwa setiap gerakannya diawasai oleh Allah. Sehingga ia akan merasa malu jika melakukan perbuatan diluar koridor agama.

Kemudian yang menjadi pertanyaan besar ialah seberapa besar keteguhan lelaki sholeh dalam menjalankan syariat yang dibawakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalllam.

Perlu diperhatikan ialah lelaki baik belum tentu sholeh namun lelaki sholeh insyaAllah sudah tentu baik. Semoga kita mendapatkan pasangan yang sholeh ataupun sholehah. Aamiin.

Add Comment